(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

5 Sampai 8 Mei Kapal Pelni Tidak Melayani Penyebrangan Ke Karimunjawa

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

5 Sampai 8 Mei Kapal Pelni Tidak Melayani Penyebrangan Ke Karimunjawa
WinNetNews.com - PT Pelni Cabang Semarang tidak melayani penyeberangan ke Karimunjawa pada libur panjang 5-8 Mei karena pada pekan ini bukan jadwal untuk melakukan perjalanan ke rute tersebut.

"Kebetulan penyeberangan untuk ke Karimunjawa hanya dilakukan sekali dalam waktu dua minggu. Pada akhir minggu ini bukan merupakan jadwal Pelni melakukan pelayanan penyeberangan dari Semarang ke Karimunjawa," kata Kepala PT Pelni Cabang Semarang Zamroni di Semarang, Rabu (5/4).

Dia mengakui, Pelni belum dapat melayani penyeberangan rute Semarang-Karimunjawa setiap minggu karena keterbatasan jumlah kapal. Jumlah kapal yang dioperasikan melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ada tiga unit. Selain ke Karimunjawa, tiga unit kapal ini digunakan untuk melayani beberapa rute penyeberangan di antaranya ke Pontianak, Sampit, Kumai, dan Banjarmasin. Menurut dia, jumlah kapal ini bisa ditambah selama ada pengajuan atau permintaan dari Pemerintah Daerah setempat.

"Dalam hal ini misalnya Pemerintah Kabupaten Jepara bisa mengajukan penambahan frekuensi penyeberangan ke daerah tersebut dengan alasan untuk mengoptimalkan sektor pariwisata yang ada," katanya.

Pengajuan tersebut dapat dilakukan langsung ke Kementerian Perhubungan. Menurut dia, PT Pelni tidak dapat melakukan pengajuan karena hanya bertindak sebagai penyelenggara jasa pelayaran. Sementara itu, diakuinya, untuk jumlah wisatawan ke Karimunjawa yang melakukan perjalanan dengan kapal Pelni terus meningkat. "Pada bulan lalu jumlah pengunjung di kisaran 300-500 penumpang. Sedangkan untuk jumlah penumpang yang akan melakukan perjalanan pada tanggal 27-29 Mei mendatang sudah ada 700 penumpang," katanya.

Dia mengatakan, perjalanan wisata ke Karimunjawa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat khususnya para pekerja yang tidak ingin kelelahan dalam perjalanan. "Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas pada Jumat malam atau pukul 00.00 WIB, sampai di Karimunjawa sekitar pukul 05.00-06.00 WIB. Selanjutnya kapal akan sampai lagi di Pelabuhan Tanjung Emas pada Minggu pukul 18.00 WIB," katanya.

Beberapa destinasi wisata di Karimunjawa yang dapat dikunjungi wisatawan di antaranya penangkaran hiu, bukit cinta, dan pantai-pantai sekitar.

Dilansir dari Antara

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});