5 Tanaman Yang Bisa Dipakai Membantu Membersihkan Udara Rumah

5 Tanaman Yang Bisa Dipakai Membantu Membersihkan Udara Rumah

Sabtu, 23 Jan 2016 | 16:15 | Liani
WinNetNews.com - Masalah polusi udara saat ini menjadi perhatian banyak pihak karena semakin hari kualitas udara yang ada makin memburuk. Salah satu contoh bentuk dari masalah polusi ini adalah bencana kabut asap yang terjadi di Riau dan sekitarnya.

Dokter menyebut salah satu upaya masyarakat untuk mengurangi paparan polusi adalah dengan menjaga kualitas udara setidaknya di rumah masing-masing. Air Conditioner (AC), pembersih udara, dan kipas disebut bisa dipakai untuk membantu mengatur polusi.

Terkait hal tersebut tanaman hias juga bisa dipakai untuk membantu membersihkan udara rumah. National Aeronautics and Space Administration (NASA) dari Amerika Serikat pada dalam studinya ada lima tumbuhan yang bagus jadi pembersih udara karena bisa menghisap beberapa senyawa berbahaya di udara.

Dikutip dari berbagai sumber pada Senin (5/10/2015), berikut adalah lima tumbuhan tersebut:

1. Suji (dracaena)

Tumbuhan dari keluarga dracaena ada banyak jenisnya dengan berbagai macam warna. Ia diketahui bisa menghisap polutan seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan xylene.

Dracaena bisa ditaruh di atas meja dan tak membutuhkan perawatan khusus, cukup sesekali disiram.

Bila seseorang memiliki kucing atau anjing peliharaan di rumahnya perlu ekstra hati-hati karena daun tanaman beracun bagi hewan.

2. Pakis boston (nephrolepis)

Tumbuhan pakis boston mudah ditemukan di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Daunnya yang terlihat rimbun memiliki kemampuan luar biasa baik dalam menyerap polutan formaldehyde dan juga xylene.

Pakis boston dibandingkan suji namun membutuhkan perawatan yang lebih karena ia perlu rutin disiram setiap hari dan diberi pupuk sekali dalam seminggu.

3. Anggrek Dendrobium (dendrobium)

Selain keindahannya yang sudah lama dikenal karena warna yang menarik, anggrek ternyata juga punya kemampuan yang bagus menyaring xylene. Polutan ini banyak ditemukan pada residu cat serta lem dan pada paparan tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Anggrek baik ditaruh di dalam kamar tidur karena ia menghasilkan oksigen pada malam hari.

4. Lidah mertua (sansevieria trifasciata)

Tumbuhan hias lidah mertua juga menghasilkan oksigen pada malam hari sehingga ia bagus ditempatkan di kamar tidur. Lidah mertua bisa ditaruh pada pojok-pojok gelap untuk mempercantik ruangan.

Polutan yang diserap oleh tanaman ini di antaranya benzene, formaldehyde, trichloroethylene dan xylene.

5. Sepatu filum (spathiphyllum)

Bunga yang putih cantik dan mudah ditumbuhkan membuat tanaman sepatu filum salah satu tumbuhan yang cocok ditaruh di dalam rumah. Sepatu filum tak membutuhkan banyak paparan sinar matahari dan hanya perlu disiram secukupnya.

Racun di udara yang baik diserap oleh sepatu filum di antaranya seperti ammonia, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...