5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Banyak Minum Air
Foto: The List

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Banyak Minum Air

Senin, 14 Sep 2020 | 16:17 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Minum air putih adalah sebuah kebiasaan yang baik dan penting untuk selalu dilakukan, agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Namun, apapun yang berlebihan tentunya tidak baik, termasuk minum air putih terlalu banyak. Kita sering mendengar bahwa tubuh yang dehidrasi tidak baik, tapi hidrasi berlebih juga ternyata berbahaya.

Minum terlalu banyak air diketahui dapat menyebabkan keracunan atau yang dikenal sebagai hiponatremia, sehingga menyebabkan bagian dalam sel banjir karena kadar natrium yang sangat rendah dalam aliran darah. Jika kondisi tersebut sudah parah, maka keracunan air juga bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kejang, koma, hingga kematian. Dirangkum dari The Healthy, berikut ini beberapa tanda kita sudah terlalu banyak minum air.

Selalu bawa air saat pergi

Jika kamu membawa botol air setiap hari dan segera mengisinya kembali ketika habis, ini mungkin menjadi tanda kamu sudah terlalu banyak minum. Menambahkan air secara konstan ke tubuh, dapat menyebabkan kadar natrium rendah dalam darah dan sel jadi membengkak. Tamara Hew-Butler, PhD, seorang profesor ilmu olahraga di Oakland University mengatakan bahwa hal ini dapat berbahaya saat otak mulai membengkak. Pasalnya otak hanya bisa membengkak sekitar 8-10% sebelum mencapai tengkorak dan mendorong batang otak keluar.

Terus minum hingga urin jernih

Jika minum air dalam jumlah yang cukup, urin kita akan berwarna seperti jerami hingga kuning transparan. Meskipun sebagian orang percaya bahwa urin jernih adalah tanda hidrasi yang sehat, namun itu juga bisa menjadi tanda kalau kita terlalu banyak minum air. Minum air disarankan sebanyak 8-10 gelas air setiap hari, tergantung dengan kebutuhan setiap individu.

Merasa mual

Hew-Butler juga menjelaskan, bahwa tanda overhidrasi adalah saat kita merasa mual, muntah, hingga diare. Ini terjadi lantaran saat minum air terlalu banyak, ginjal menjadi tidka dapat membuang kelebihan cairan dan air terkumpul di dalam tubuh.

Mudah kram

Tubuh yang sehat adalah impian semua orang. Tetapi, saat minum terlalu banyak, kadar elektrolit kita turun dan keseimbangan pun terganggu. Kadar elektrolit yang rendah, bisa menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, seperti kejang otot dan kram.

Merasa lelah

Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring air yang kita minum melalui tubuh dan memastikan kadar cairan dalam aliran darah tetap seimbang. Jika minum terlalu banyak air, maka ginjal harus bekerja ekstra, menciptakan reaksi stres dari hormon yang membuat tubuh stres dan lelah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...