5 Tanda Kamu Terlalu Sering Keramas
Foto: Pexels/Jose Luis

5 Tanda Kamu Terlalu Sering Keramas

Jumat, 26 Feb 2021 | 15:42 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Keramas adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar rambut dan kulit kepala selalu dalam keadaan bersih. Keramas biasanya dilakukan 2 atau 3 hari sekali, tapi ada juga orang-orang yang harus melakukannya setiap hari.

Meskipun terasa bersih dan segar, tapi ternyata keramas terlalu sering malah bisa berakibat buruk pada rambut. Jika mulai menyadari kalau rambut tidak terlihat bagus, maka mungkin kamu perlu memerhatikan beberapa tanda di bawah ini, yang menunjukkan kalau kamu terlalu sering keramas.

Rambut rontok lebih banyak

Rambut yang rontok saat mandi merupakan hal yang wajar, tapi keramas terlalu sering dapat membuatnya jumlah kerontokannya semakin bertambah. Ini terjadi karena minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala hilang, sehingga memengaruhi mikrobioma, dikutip Bright Side.

Jika kulit kepala kehilangan keseimbangannya, maka dapat mencegah rambut baru tumbuh, membuat rambut menjadi lebih rapuh, dan menyebabkan kerontokan.

Rambut bercabang

Memotong rambut secara teratur dapat membantu menjaga ujung rambut agar tidak bercabang, tapi kalau kamu keramas setiap hari, maka masalah ini akan tetap ada. Rambut yang basah sangat rapuh dan mudah patah, jadi semakin sering keramas, maka semakin besar kemungkinan ujungnya bercabang.

Rambut kusam

Keramas terlalu sering juga bisa menyebabkan kilau rambut berkurang. Kelembapan yang terus menerus dapat memengaruhi tekstur rambut dan membuatnya kusam. Selain menghilangkan minyak dari rambut, terlalu sering keramas juga dapt menyebabkan penumpukan residu yang menyebabkan rambut terlihat kurang berkilau.

Gampang kusut

Mencuci rambut setiap hari menyebabkan kutikula rambut tetap terbuka, membuatnay menjadi lebih kering dan rapuh. Hal ini pada akhirnya, menyebabkan rambut kusut dan ketika disisir akan tersangkut, bahkan merusaknya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...