(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

5 Tempat Wisata Alam Medan untuk Pengalaman Tak Terlupakan

Oky
Oky

5 Tempat Wisata Alam Medan untuk Pengalaman Tak Terlupakan sumber : berkeliling.com

Winnetnews.com - Wisata alam tidak hanya membuat pikiran serta tubuh merasa tenang. Beberapa tempat wisata di Medan, terutama di alamnya, justru menciptakan euforia serta decak kagum akan keunikan lokasi tersebut. Mulai dari “lahan salju palsu” hingga habitat gajah di tepi sungai, tempat-tempat wisata ini membuktikan bahwa pesona Sumatra Utara tidak hanya ada di Danau Toba.

Berikut beberapa tempat wisata alam yang harus Anda kunjungi saat berjalan-jalan ke Medan, terutama jika ingin berdecak kagum dan terpesona.

  • Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja adalah sumber air panas di tengah hutan. Lokasinya merupakan bagian dari cagar alam di Dolok Tinggi Raja, Kabupaten Simalungun, sekitar 4 jam perjalanan dari pusat Kota Medan. Tampilannya mirip dengan Kawah Putih Ciwidey di Jawa Barat, dengan formasi bukit kapur, bebatuan putih, serta danau berwarna biru kehijauan.

Danau air panas ini tidak boleh direnangi, tetapi Anda bisa berenang di sumber air panas di posisi yang lebih rendah serta terbuka untuk pengunjung.

  • Pantai Salju

Pantai Salju sebenarnya bukan pantai, tetapi sungai lebar dengan aliran yang terpecah-pecah oleh bebatuan, sehingga menimbulkan buih-buih putih di sekitar batu. Julukan “pantai” juga datang dari tepian sungainya yang berpasir serta dikelilingi pohon kelapa. Beberapa bagian sungai yang menyempit memiliki formasi bebatuan yang memesona.

Pantai Salju berlokasi di Desa Mabar, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan dari pusat Kota Medan.

  • Tangkahan

Tangkahan adalah area wisata alam yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuseur. Berlokasi di Namu Sialang, Kabupaten Langkat, Tangkahan menawarkan keindahan hutan dan sungai yang jernih. Terdapat air terjun dengan kolam jernih di bawahnya serta area sungai dangkal yang bisa digunakan untuk berenang.

Tangkahan juga merupakan tempat konservasi gajah. Anda bisa melihat aktivitas gajah yang sedang dimandikan atau bermain air. Ada juga jalur trekking serta jembatan gantung yang menjadi tempat favorit untuk berfoto.

  • Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren Putih dikenal juga dengan nama Air Terjun Tujuh Tingkat, karena alirannya melalui tujuh tingkat di tebing sebelum berakhir di kolam. Aliran di atasnya tidak terlalu terlihat karena tertutup formasi tebing, dan yang terlihat jelas hanya aliran terakhir. Bebatuan di sekitar kolam dipercaya mengandung banyak belerang, sehingga banyak masyarakat yang senang mandi di kolam tersebut.

Air Terjun Sampuren Putih berlokasi di Desa Basukum, Sibolangit, Deli Serdang, sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan dari Kota Medan.

  • Air Terjun Simangande

Air Terjun Simangande hanya bisa terlihat pada musim hujan, namun alirannya mengucur dari ketinggian sekitar 500 meter. Dinding tebing tempat air terjun ini mengalir melengkung sehingga sekilas membentuk hati. Anda dapat mendaki area bukit tersebut untuk melihat pemandangan Danau Toba.

Air Terjun Simangande berlokasi di Pulau Samosir, tepatnya antara Desa Tomok dan Tuktuk. Dari Medan, Anda harus naik kendaraan darat ke Parapat selama sekitar 5 jam, sebelum menyeberang ke Samosir selama 3 jam.

Ingin menginap dengan nyaman selama menjelajahi tempat wisata alam? Airy menghadirkan hotel di Medan dengan fasilitas seperti AC, kamar mandi dengan pancuran air panas, internet, dan TV. Nikmati air mineral, perlengkapan mandi, serta tempat tidur nyaman yang bersih. Pesan hotelnya lewat aplikasi Airy di Android atau iPhone, dan bayar lewat transfer bank atau kartu kredit. Airy adalah solusi akomodasi murah terbaik untuk Anda yang ingin berwisata di Medan.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});