5 Tips Agar Terhindar Dari Make Up Palsu

Oky
Oky

5 Tips Agar Terhindar Dari Make Up Palsu Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Seiring dengan perkembangan zaman, kini penggunaan make up menjadi marak digemari oleh kalangan wanita. Adapun yang menjadikan make up sebagai fondasi awal sebelum memulai beraktivitas sehari hari nya.

Fungsi make up itu sendiri adalah untuk mempercantik diri. Namun, tanpa kita sadari, peredaran make up palsu atau illegal sudah mulai memasuki lingkungan sekitar kita. Kehadiran make up palsu ini sudah banyak bermunculan di toko offline maupun online. Tentunya make up palsu yang beredar tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingan dengan yang asli. Bahkan, adapun beberapa penjual yang mematok harga yang sama dengan yang asli, padahal produk yang dijual merupakan produk palsu. Selain itu, kandungan dalam make up palsu ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita, seperti dapat menyebabkan kanker kulit, kebutaan, dan lain lain.

Agar kita selalu terhindar dari bahaya make up palsu tersebut dan tidak tertipu oleh penjual penjual yang tidak bertanggung jawab, ada baiknya kita dapat membedakan make up palsu dengan yang asli. Berikut tips agar terhindar dari make up palsu;

  1. Beli di toko resmi

    Kini, toko make up resmi sudah banyak bermunculan di sekitar kita khususnya di pusat perbelanjaan. Selain terjamin keaslian dan kualitasnya, anda juga dapat berkonsultasi dan dilayani secara langsung oleh pegawai-pegawai yang ada di toko tersebut. Jika anda malas bepergian, sekarang anda juga dapat membeli secara online melalui toko resmi yang memiliki official e-commerce atau official website.
  2. Memeriksa testimonial dan riwayat online shop dengan teliti

    Pengikut atau followers yang banyak tidak dapat menjamin kepercayaan online shop tersebut dengan customersnya. Jadi, anda harus pintar pintar dalam memilih online shop dan menjadi customers yang cerdas agar tidak tertipu. Periksalah kembali testimonal-testimonial dan feedback dari para customers yang sudah pernah berbelanja. Serta ada baiknya jika kita meminta foto asli dan detil dari produk tersebut.
  3. Mempelajari produk sebelum membeli

    Sebelum anda membeli produk yang anda inginkan, ada baiknya jika anda mempelajari produk tersebut terlebih dahulu, seperti memperhatikan kemasan produk, bentuk produk, warna produk, cara kerja produk, dan lain lain. Anda juga dapat mempelajari nya melalui review-review yang pernah dilakukan oleh beauty bloggers.
  4. Memperhatikan kode kode tertentu dalam kemasan

    Jika anda ingin lebih memastikan produk yang anda beli itu adalah produk asli, maka anda dapat membandingkan dengan kode kode yang tertera di dalam produk asli tersebut melalui foto produk jelas di official website, maupun media sosial lainnya. Jangan lupa periksa juga tanggal kadaluarsa nya.
  5. Jangan beli jika terdapat perbedaan

    Walaupun palsu atau tidak asli, make up palsu terkini juga sangat menyerupai dengan bentuk make up asli nya dan hampir tidak ditemukan perbedaannya. Yang paling sering ditemui adalah perbedaan ukuran dan jenis font, atau penempatan tulisan. Tetapi, jika anda membandingkan secara fisik, maka akan terlihat jelas perbedannya seperti aroma, tekstur, pigmentasi, dan lain lain.

Tentunya anda tidak ingin terlibat dengan dampak penggunaan make up palsu yang berbahaya bagi kesehatan anda. Lakukan 5 tips yang cukup mudah diatas sebelum membeli produk make up yang anda inginkan, dan jadilah customers yang cerdas. Have a nice day, good people!

 

Ditulis oleh Agnes Angela Saputra

Mahasiswi London School of Public Relations

Apa Reaksi Kamu?