(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

5 Tips Efektif Menabung untuk Menikah

Aldina
Aldina

5 Tips Efektif Menabung untuk Menikah Sumber foto: marriage.com

Winnetnews.com - Menikah itu adalah keinginan setiap pasangan, apalagi buat yang pacarannya udah lama, pasti udah ada rencana buat nikah. Namun, tahapan yang harus dilewati untuk menikah bukan hal yang mudah. Bukan hanya harus mendapat restu dari orang tua, kamu juga harus menyiapkan dana yang cukup untuk merealisasikan konsep pernikah yang kamu idamkan.

Nah, pernikahan idaman pasti memiliki perkiraan budget yang besar. Karena itu kamu harus udah mulai menabung dari sekarang, di sini bakal ngasi kamu tips menabung untuk pernikahan yang kamu idamkan!

  1. Komitmen



    Sumber foto: google.com

    Mulailah hubungan serius yang sedang kamu jalani dengan sebuh komitmen. Karena tanpa komitmen kamu jadi hilang arah akan motivasi buat kedepannya.

  2. Rincian Anggaran Pernikahan



    Sumber foto: google.com

    Nah, disini kamu udah bisa mulai menyusun rincian pengeluaran yang diperlukan untuk pernikahan yang kamu idamkan. Rincian yang kamu buat juga harus sangat detail.

    Contohnya nih, kamu dan pasanganmu udah memiliki dana Rp 126 juta, sementara kalian punya target untuk menikah sekitar 3 tahun ke depan, maka perhitungan kasarnya akan seperti ini:

    Rp 126.000.000 : (3 x 12 bulan) = Rp 3.500.000/bulan.
    Rp 5.000.000 : 2 orang = Rp 1.750.000/orang

    Dengan begini, kamu dan pasangan memiliki target menabung sebanyak Rp 1.75 juta setiap bulannya.

  3. Rekening Khusus Dana Nikah



    Sumber foto: google.com

    Kalau target tabungan yang kalian butuhkan sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan. Pilihlah rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan kalian. Jangan samakan rekening gaji dengan dana pernikahan agar tidak tercampur dan menghindari kalian untuk memakai uang tersebut tanpa sadar.

    Selain itu, keberadaan rekening khusus untuk selalu mengingatkan kalian pada komitmen dan tujuan awal kenapa kalian menabung.

  4. Sisihkan Sebagian Gaji



    Sumber foto: google.com

    Setelah memiliki rekening khusus, kamu harus mulai menyisihkan sebagian dari gaji kamu dan pasanganmu untuk dimasukkan ke dalam tabungan pernikahan. Kamu gak perlu menyisihkan setengah dari gaji, 20% sampai 30% aja udah cukup.

    Yang perlu kamu ingat, bahwa menyisihkan berbeda dengan menyisakan, Ada baiknya sesegera mungkin sisihkan sebagian uang sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan pribadi. Jika kamu rajin mengalokasikan dana setiap bulannya, kamu akan berhasil mengumpulkan nominal uang yang cukup besar dalam kurun waktu 3 tahun.

    Contohnya, kamu dan pasanganmu memiliki gaji 5 juta kemudian menyisihkan 30% dari gaji tersebut tiap bulannya, maka perhitungannya menjadi:

    Rp 5.000.000 x 30% = Rp 1.500.000 / bulan
    Rp 1.500.000 x (36 bulan) = Rp 54.000.000
    Rp 36.000.000 x 2 orang = Rp 108.000.000

    Nah, dalam waktu 3 tahun, kamu dan pasangan akan memiliki tabungan sebesar Rp 108.000.000.

  5. Bawa Bekal Makan ke Kantor



    Sumber foto: google.com

    Faktanya, dengan membawa bekal makan siang kamu bisa memotong biaya makan hingga dua kali lipat! Contohnya, tanpa bekal makan kamu menghabiskan biaya sebesar Rp 30.000/hari. Sementara bekal yang kamu bawa atau masak sendiri memiliki biaya sebesar Rp. 15.000. Nah dalam sebulan saja kamu sudah dapat menghemat hingga Rp 450.000, kalau dikalikan uang terseut bisa kamu tabung lagi.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});