Skip to main content

5 Tips Rahasia Usir Ngantuk Saat Bekerja

Winnetnews.com – Jam setelah makan siang merupakan waktu yang rawan ketika tengah bekerja. Pasalnya rasa kantuk kerap kali menyerang dan membuat pekerjaan kita terganggu. Nh Kalo kamu ngalamin hal ini ada kok tips ampuh usir rasa kantuk tersebut.

Kali ini tips ampuh untuk mengatasinya tidak dengan minum kapi Ada cara lain yang lebih ampuh untuk mengusir rasa ngantuk saat bekerja. Penasaran apa saja caranya?

1. Dengarkan musik yang semangat
Mendengarkan musik terutama dengan irama yang bersemangat memang dipercaya bisa menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk membuang rasa kantuk dan mengembalikan semangat untuk menjalankan aktivitas.

Jadi saat rasa ngantuk mulai mendera disela-sela jam kerja, jangan ragu untuk memasangkan headset di telinga kamu dan dengarkan lagu-lagu kesukaanmu yah. Selain membuang rasa ngantuk, mendengarkan musik juga akan membuat mood kamu jadi positif dan pastinya juga berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas kerja.
image0

2. Jangan duduk mulu, bergerak yuk!
Tuntutan pekerjaan membuat kamu harus berlama-lama duduk di depan komputer? Nah untuk yang lebih sering bekerja di meja kerja daripada di lapangan, sempatkanlah diri kamu untuk melakukan latihan ringan selama 10 menit. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Thayer, seorang profesor di California State University mengatakan bahwa berjalan selama 10 menit dapat meningkatkan energi hingga 2 jam ke depan. Hal itu terjadi karena saat berjalan, oksigen di pompa ke bagian otak dan otot.

Jadi saat rasa kantuk mulai datang, bangunlah dari tempat duduk kamu dan lakukan peregangan pada seluruh bagian tubuh. Atau bisa juga naik-turun anak tangga ataupun pergi keluar sebentar untuk berjalan-jalan dan mencari udara segar.

3. Siapkan cemilan sehat
Agar kerja otak tidak monoton dan berfokus pada pekerjaan, cemilan bisa jadi teman yang paling tepat untuk mengusir rasa ngantuk yang datang. Namun kamu juga harus pintar memilih cemilan yang kamu konsumsi yah.

Jangan sampai bukannya bikin melek, cemilan yang kamu makan justru bikin berat badan menjadi naik. Cemilan rendah kalori seperti kacang dan juga yang menyegarkan seperti buah-buahan bisa jadi pilihan yang paling tepat untuk menemani waktu kerja kamu.

image1
4. Percantik meja kerja dengan tanaman hias

Sebuah tanaman bunga mini pastinya akan menyegarkan mata dan juga pikiran kamu. Hijaunya daun dan juga warna bunga yang cerah sangat identik dengan alam yang memberi kesan nyaman dan damai. Bahkan studi yang dilakukan oleh Marlon Nieuwenhuis dari School of Psychology telah membuktikan bahwa menambah tanaman hias di meja kerja, terutama tanaman berwarna hijau akan meningkatkan kualitas udara dan konsentrasi, yang pada akhirnya tentu juga akan meningkatkan produktivitas kerja hingga 15 persen.

5. Istirahatkan mata, otak dan tubuh sejenak
Duduk menatap layar komputer tentunya akan sangat melelahkan, apalagi jika dilakukan berjam-jam tanpa henti karena mata, otak dan juga tangan terus dipaksa untuk bekerja. Untuk menghilangkan rasa kantuk yang mendera saat bekerja, sesekali sempatkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan otak kamu.

Setelah bekerja 2 jam di depan layar komputer, berilah waktu bagi tubuh untuk beristirahat 10-15 menit. Kamu bisa pergi melihat pemandangan dan tanaman-tanaman yang ada di sekitar kantor tempatmu bekerja.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Top