5 Tips Sukses Liburan ala Backpacker ke Solo

Oky
Oky

5 Tips Sukses Liburan ala Backpacker ke Solo Kota Solo, sumber : Tribunnews

Winnetnews.com - Liburan ala backpacker sudah menjadi tren di kalangan wisatawan. Banyak pelancong yang bahkan menjadikannya pilihan utama untuk berwisata, seperti saat liburan ke Solo.

Namun, jika ingin backpacker-an ke Solo, Anda tidak bisa langsung berangkat wisata tanpa persiapan apa-apa. Tetap dibutuhkan persiapan matang sehingga liburan hemat Anda lebih efektif dan lancar. Berikut tips sukses dan persiapan yang dibutuhkan saat liburan ke Solo.

  • Rencana anggaran

Penting untuk mempersiapkan rencana anggaran sebelum berangkat ke Solo. Buatlah rancangan dan perkiraan berapa biaya yang Anda butuhkan untuk menginap, makan, masuk tempat wisata, transportasi pulang pergi, transportasi selama di Solo, termasuk biaya tak terduga. Anggarkan semua ini sesuai dengan bujet yang Anda miliki.

Anggaran ini harus dibuat berdasarkan riset informasi terbaru sehingga valid. Seandainya anggaran meleset dari perkiraan, pasti tidak akan terlalu jauh.

  • Transportasi

Segera tentukan transportasi menuju Solo; mau menggunakan kereta, bus, atau pesawat terbang. Jika ingin lebih menikmati perjalanan dan hemat, pilihlah perjalanan darat. Namun, Anda tetap bisa berhemat dengan naik pesawat kok, apalagi lebih cepat sampai. Nah, jika butuh tiket pesawat yang harganya terjangkau, Anda bisa memanfaatkan Airy.

Jangan lupa juga masalah transportasi untuk menjangkau destinasi wisata atau penginapan di Solo. Pilihan terbaik bagi para backpacker adalah dengan alat transportasi umum seperti Batik Solo Trans yang memasang tarif murah. Hapalkan rute alat transportasi tersebut sehingga Anda bisa turun di destinasi yang tepat. Menggunakan transportasi online juga bisa jadi alternatif.

  • Rencana perjalanan

Selain anggaran, persiapkan juga itinerary dengan matang sehingga liburan lebih teratur. Anda bisa mendata terlebih dahulu tempat wisata di Solo yang akan dikunjungi. Buat perkiraan berapa lama Anda menghabiskan waktu di sana dan kegiatan apa saja yang Anda lakukan.

Solo menawarkan sejumlah objek wisata menarik yang tak boleh dilewatkan. Jika ingin menghemat pengeluaran, kunjungi tempat wisata yang mudah dijangkau, dengan tarif tiket masuk gratis atau murah. Tentu saja, pastikan tempat tersebut menarik dan Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di sana. Sebagai contoh, Anda dapat bertandang ke Taman Sriwedari, Taman Balekambang, atau Grojogan Sewu Tawangmangu.

  • Penginapan

Sebagai seorang backpacker, pikirkan juga di mana nantinya Anda akan beristirahat. Solo menawarkan beragam tempat menginap, mulai dari hostel sampai hotel mewah berbintang. Untuk menghemat anggaran, pilihlah hotel dengan tarif rendah per malam. Namun, pastikan kamar tersebut nyaman dan sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai.

Pesanlah kamar jauh-jauh hari sebelum backpacker ke Solo, sehingga begitu sampai ke kota ini, Anda bisa langsung beristirahat sejenak di penginapan. Sekarang, ada banyak aplikasi yang bisa membantu Anda menemukan dan memesan kamar hotel dengan cepat seperti Airy. Kamar nyaman dengan fasilitas lengkap dapat dipesan dengan harga murah.

  • Tempat makan

Di mana pun Anda berada, urusan makan tentu tidak boleh ketinggalan. Jika Anda memutuskan wisata ala backpacker, Anda harus bisa menahan diri untuk tidak tergoda mencicip setiap kuliner lezat di Solo. Makanlah secukupnya agar bisa lebih irit.

Siapa bilang Anda tidak bisa makan enak dan kenyang dengan bujet terbatas? Makan enak tidak harus di restoran mahal. Banyak kuliner legendaris di Solo justru ditawarkan dengan harga terjangkau. Kalau tidak percaya, mampir saja ke Timlo Solo, Tahu Kupat Sholihin, Selat Solo Mbak Lies, atau Soto Seger Mbok Giyem.

Nah, itu tadi beberapa tips dan persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan backpacker ke Solo. Bagaimana? Tidak ribet, kan? Jadi, sudah siap menjelajah Kota Solo? Segera pesan tiket pesawat Garuda Indonesia ke Solo sekarang juga.

Apa Reaksi Kamu?