5 Trik Jitu Hindari Keinginan Ngemil

5 Trik Jitu Hindari Keinginan Ngemil

Selasa, 12 Apr 2016 | 08:45 | Rusmanto
WinNetNews.com - Ngemil alias mencomot makanan ringan dengan kandungan kalori atau gula tinggi dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan. Untuk itu, perlu sekali menahan diri agar tak tergoda ngemil, terutama di malam hari.

Pada dasarnya, enzim yang terlibat dalam oksidasi asam lemak tahu kapan mereka seharusnya memetabolisme glukosa. Sehingga, ketika mengasup makanan di jam yang seharusnya Anda sudah tidur, maka organ metabolisme seperti hati akan 'bingung'.

Hati tidak siap menghadapi masuknya nutrisi sehingga proses pencernaan kurang efisien, Akibatnya, ada masalah pada kadar insulin dan gula darah yang mendorong tubuh menyimpan lebih banyak lemak. Nah, untuk menghindari keinginan ngemil, berikut ini trik-trik yang dapat diterapkan seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Tidur malam lebih awal

Jika memungkinkan, cobalah tidur malam lebih awal. Sebab, seringnya keinginan untuk ngemil akan datang di malam hari terutama ketika Anda tidak melakukan apa-apa. Untuk itu, penting mengatur jadwal tidur termasuk menghindari konsumsi kopi di sore hari agar lebih mudah terlelap saat malam harinya.

2. Konsumsi makanan yang disukai

Kebanyakan orang yang sedang menurunkan berat badan akan pantang dengan makanan kesukaannya. Justru, dengan begitu Anda bisa 'balas dendam' ketika ada kesempatan mengonsumsi makanan kesukaan. Maka dari itu, baiknya tetap konsumsi makanan yang Anda sukai tapi dalam porsi dan frekuensi sewajarnya. Gunakan prinsip 'yang penting sudah tahu rasanya' dan dengan begitu akan ada kepuasan emosional yang Anda rasakan dari mengonsumsi makanan tertentu.

3. Fokus pada makanan yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan

Banyak makanan cepat saji atau camilan pastinya menjadi godaan besar bagi Anda untuk ngemil. Jika sudah seperti itu, peringatkan diri apa makanan yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan.

 

4. Lakukan kegiatan yang disukai

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari keinginan ngemil adalah melakukan sesuatu yang disukai. Dengan begitu, seseorang bisa fokus pada apa yang dilakukan, tanpa ada perasaan terpaksa. Lama-kelamaan, keinginan untuk ngemil akan hilang karena pikiran dan perhatian Anda sudah teralihkan pada satu hal.

5. Sesekali 'curang'

Menggeser titik yang menjadi sumber kesenangan akan makanan memang tidak mudah ketika akan menurunkan berat badan. Bahkan, tekad yang kuat saja kadang masih tidak cukup. Untuk mengakalinya, beri waktu sesekali bagi diri sendiri untuk cheating.

Tapi ingat, konsumsi makanan yang benar-benar Anda ingin dan dalam batas wajar. Kemudian, keesokan harinya mulai kembali pengaturan pola makan Anda disertai dengan aktivitas fisik.

disadur dari situs detik health

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...