5 Wisata Alam di Pulau Samosir Yang Rugi Banget  Kalau dilewatkan

5 Wisata Alam di Pulau Samosir Yang Rugi Banget Kalau dilewatkan

Jumat, 27 Mei 2016 | 11:30 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Indonesia punya banyak potensi wisata yang menarik yang sayang banget kalau kamu ga kunjungi. Salah satunya Pulau Samosir. Disana kamu bisa kunjungi beberapa air terjun dan danau yang menjadi khas pulau ini. Pulau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini ternyata memiliki wisata alam yang ga kalah dengan provinsi lainnya. Seperti apa wisatanya?

1. Main air di Air Terjun Sipiso-piso

image0

Pedomanwisata.com

Air terjun ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang ternyata tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Bahkan air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Mau tahu berapa ketinggian air terjun ini? 120 meter! Waw! Air Terjun Sipiso-piso berada di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatra Utara. Kecamatan Merek. Atau terletak kurang lebih 24 km dari Kota Kabanjahe.

Kalau mau ke Air Terjun Sipiso-piso ini, kamu bisa menggunakan transportasi umum dari Medan, dengan bus jurusan Kota Kabanjahe. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba.

2. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, sumber air panasnya bisa untuk merebus telur

image1

Pariwisatasumut.com

Sepintas Kawah Putih Dolok Tinggi Raja ini seperti Kawah Putih Ciwidey yang berada di Bandung, Jawa Barat. Tapi sayangnya Kawah Putih Dolok Tinggi Raja ini belum seberuntung Kawah Putih Ciwidey, karena belum terekspose dengan baik. Disini ada sumber air panas, kamu bisa merebus telur diatas sumber air panas tersebut. Tapi jangan kaget kalau tiba-tiba telur hilang, konon katanya telur tersebut diambil penunggu kawah putih.

Kalau mau kesini, kamu bisa melewati tiga rute, melalui Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Raja Tinggi, melalui Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja, melalui Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja. Semua mempunyai jarak tempuh yang sama yaitu 80 – 90 km denga waktu 3-4 jam dari Kota Medan.

3. Jangan lupa ke Danau Toba

image2

djamandoeloe.com

Siapa yang tidak tahu dengan Danau Toba? Danau yang sudah menjadi hits di Sumatera Utara ini memang paling banyak menarik pengunjung dari belahan dunia. Danau Toba juga sudah termasuk didalam keajaiban dunia. Jika kamu ingin ke Danau Toba, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif, bisa menggunakan kapal feri dari Tuk – tuk, menggunakan taxi, bahkan ada agen perjalanan yang bisa kamu sewa untuk mengantarkan kamu menuju Danau Toba.

4. Main ke Air Terjun Sigura-gura, air terjun tertinggi di Indonesia

image3

Kenapa bisa disebut air terjun tertinggi? Karena tingginya mencapai 250 meter. Ga kebayang kan gimana tinggi dan derasnya air terjun ini? Sumber air terjun Sigura-gura berasal dari Danau Toba. Bendungan yang ada didepan Air Terjun Sigura-gura dibuat menjadi tempat untuk Pembangkit Listrik tenagaAir (PLTA) oleh pemerintah.

Bagi kamu yang ingi melihat betapa tingginya Air Terjun Sigura-gura, kamu bisa menempuh perjalanan dari kota Medan menuju Toba samosir yang berjarak sekitar 250 km dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendraan umum, apabila menggunakan kendaraan umum, biasanya akan dipatok dengan harga Rp 35.000-450.00/per hari.

5. Memandangi matahari terbit di Gunung Sibayak

image4

Begajol.com

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Sumatera. Tapi jangan salah, saat matahari terbit, dijamin mata kamu tidak akan berkedip. Kalau mau melihat Sunrise di Gunung Sibayak, kamu harus rela bangun pagi pukul 02.00 dini hari untuk melangkah dari kaki gunung menuju puncak gunung.

Kalau kamu ingin menuju ke Gunung Sibayak, kamu bisa melalui perjalanan dari Berastagi atau dari Desa Semangat Gunung.

Nah, yang ingin mendaki gunung demi sang matahari terbit, kamu bisa melalui jalan setapak sepanjang hutan tropis dan hamparan tebing curam. Jalur masuk tersebut adalah melalui Desa Raja Berneh (Semangat Gunung), Jalur 54, Penatapan jagung rebus dan Jaranguda yang berjarak sekitar 500 meter dari Kota Berastagi.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...