(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

6 Aplikasi Sosmed ini Jadi Teman Setia Blogger dan Fotografer

Rani
Rani

6 Aplikasi Sosmed ini Jadi Teman Setia Blogger dan Fotografer

wingamers.com - Semakin hari manusia semakin lumrah berinteraksi di sosial media. Menurut situs wikipedia Indonesia, definisi sosial media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.Perkembangan teknologi yang begitu pesat akhir-akhir ini melahirkan beragam aplikasi sosial unik seperti facebook, twitter, linked, instagram, path, google +, Flickr, youtube, Pinterest dan lain-lain.

Sosial media umumnya saat ini telah dijadikan sebagai salah satu media eksistensi diri. Jika pada zaman dahulu apabila seseorang ingin ekis dan terkenal jalan satu-satunya adalah dengan masuk pada tayangan tv, radio, liputan media cetak seperti majalah, tabloid dan koran. Namun kini usaha untuk menjadi populer agaknya menjadi lebih mudah. Siapa pun bisa men-share aktifitasnya di media sosial. Bahkan belakangan ini telah muncul profesi baru berkat sosial media. Seseorang yang populer di media sosial dan memiliki banyak penggemar (follower) biasanya akan mendapat sponsor dari brand-brand tertentu untuk mempublikasikan produk atau brand nya. Tidak sedikit yang menjadi selebriti dan wajahnya nongkrong di TV berkat kepopulerannya di media sosial.

Fenomena sosial media juga dimanfaat bagi kalangan blogger dan fotografer. Mereka biasanya juga memajang karya-karyanya di media sosial. Meskipun mereka memiliki website atau blog pribadi. Media sosial tetap menjadi media utama agar dirinya bisa lebih dikenal oleh publik. Beberapa aplikasi media sosial yang populer dan menjadi teman setia bagi para blogger dan fotografer antara lain:

1. Google Plus

image0

Semua orang mengenal google. Raksasa dunia digital ini epertinya merambah di segala bidang, termasuk bidang media sosial. Hingga saat ini belum ada yang mampu menandingi kepopuleran google di kalangan masyarakat Indonesia khususnya. Sosial media milik google yang bernama google plus ini memiliki konsep hampir mirip dengan facebook dan instagram. Dengan memposting blog, foto atau media lainya di google plus, secara otomatis hasil postingan kita tersebut akan muncul di halaman pertama saat googling dengan kata kunci yang sesuai di google. Cara ini juga merupakan strategi SEO yang umum digunakan para blogger. Namun google plus tidak begitu populer di kalangan masyarakat umum.

2. Instagram

image1

Sosial media yang sedang popular saat ini adalah instagram. Konsep instagram adalah media sosial untuk mempublikasikan foto dan video. Di dalam instagram terdapat fitur filter yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dan video mereka. Kelebihannya foto dan video yang sudah di upload bisa ditag ke teman-teman, namun tidak bisa diunduh. Instagram juga bisa langsung terhubung dengan facebook, twitter, tumblr, foursqaere dan flickr, sehingga pada saat memposting pengguna bisa langsung menshare di media sosial lain yang terhubung dengan instagram tersebut. Namun ukuran foto dan durasi video yang bisa diposting pada instagram terbatas.

3. Flickr

image2

Flickr adalah sosial media sosial yang sudah lebih dulu hadir dibandingkan instagram. Konsep utama Flikr adalah sebagai galery foto sekaligus media sosial. Namun media flickr belum populer dibandingkan instagram. Kelebihannya storage flickr sangat banyak, sehingga mampu menampilkan karya foto sebanyak-banyaknya dengan berbagai ukuran.

4. Facebook

image3

Facebook merupakan media sosial yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Hingga saat ini facebook masih tetap mampu mempertahankan ke eksisannya meskipun banyak pesaing-pesaingnya bermunculan. Meskipun pengguna aktif facebook sudah mulai berkurang dikarenakan ukuran memori penyimpanan aplikasinya lumayan besar sehingga sering membuat perangkat berjalan lambat, namun facebook tetap diminati sebagian besar msyarakat Indonesia. Dengan men-share postingan blog atau foto seorang blogger maupun fotografer bisa mendapatkan hasil view yang cukup banyak.

5. Twitter

image4

Twitter menjadi media sosial yang sempat boming. Konsepnya hampir sama dengan facebook, namun di twitter hanya bisa memposting kalimat sebanyak 140 kata saja. Para pengguna twitter sepertinya berasal dari kalangan yang tidak terlalu menyukai kegiatan membaca. Namun media sosial ini masih sering digunakan oleh blogger untuk menshare link artikel mereka.

6. Pinterest

image5

Merupakan media sosial baru yang konsepnya hampir sama dengan instagram dan flicker, yakni fokus utamanya adalah untuk men-share foto. Keunikan yang dimiliki oleh pinterest adalah pinterest menggunakan aktivitas sharing foto dengan menggunakan Pinboard. Pengguna harus membuar pinboard terlebih dahulu tentang kategori apa yang akan pinning di pinterest. Pin bisa di upload atau bisa dari link blog atau website kita. Nantinya secara otomatis pinterest akan membagikan dan menampilkan kepada pengguna pinterest (pinners) lain sesuai dengan kesamaan pinboard. (rk)

Baca juga artikel ini: 3 Keuntungan Menjadi Seorang Penulis Blog

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});