6 Benda Ini Sebaiknya Tidak Dibuang ke Saluran Air, Bahaya!

Nurul Faradila
Nurul Faradila

6 Benda Ini Sebaiknya Tidak Dibuang ke Saluran Air, Bahaya! Sumber: Bright Side

Winnetnews.com - Belakangan ini, kepedulian masyarakat terhadap lingkungan semakin meningkat secara perlahan. Namun, beberapa di antara kita masih sering melakukan kesalahan yang tidak disadari. Seperti membuang sisa makanan atau air rebusan mie ke dalam saluran air. Tidak hanya bisa menyumbat saluran air, kebiasaan itu juga bisa membuat air yang biasa kita konsumsi jadi terkontaminasi.

Dilansir dari Bright Side, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus mulai dikurangi untuk menyelamatkan lingkungan.

1. Produk yang diklaim bisa disiram, seperti tisu atau pasir kotoran kucing

Ketika membeli keperluan untuk kucing peliharaan, biasanya kita akan melihat beberapa perlengkapan yang diklaim bisa larut saat disiram, seperti pasir untuk kotoran kucing. Sebagian besar dari barang tersebut, ternyata tidak bisa benar-benar larut. Ketika disiram, pasir dan tisu dapat menyumbat pipa air dan membuat masalah besar. Hal yang sangat berbahaya yang mungkin terjadi adalah air akan terkontaminasi dengan kandungan kimia yang ada di dalam kedua benda tersebut.

Apalagi pasir kucing, yang sama-sama kita ketahui mengadung bakteri dari kotoran kucing. Bakteri-bakteri tersebut sangat kuat, sehingga mereka dapat bertahan di dalam air dan bisa mengancam kesehatan binatang lain.

2. Minyak

Jangan pernah membuang segala jenis minyak ke dalam saluran pembuangan, sebab dapat menyumbat saluran air. Lebih baik, tuangkan sisa minyak ke dalam tempat sampah dan gabungkan dengan sampah-sampah lainnya. Minyak yang menyumbat tersebut, menjadi penyebab dari meluapnya saluran air. Cairan ini tidak dapat menyatu dengan air, sehingga mereka akan berakhir menjadi polusi lingkungan dan berbahaya bagi binatang maupun tumbuhan jika kita tidak membuangnya dengan benar.

3. Susu

Produk yang mengandung susu membutuhkan banyak oksigen agar terpecah di dalam saluran pembersih, sehingga mengambil begitu banyak oksigen dari hewan yang ada di dalam laut dan sungai. Polusi tersebut dapat memberikan dampak signifikan, hingga pemerintah Inggris memiliki peraturan sendiri untuk mengontrol pembuangan susu, setelah mengetahui kalau sebagian besar susu yang terbuang dapat menghambat pertumbuhan ikan.

Apa Reaksi Kamu?