6 Benda yang Tak Boleh Disimpan di Kamar Mandi, Jadi Sarang Bakteri!

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

6 Benda yang Tak Boleh Disimpan di Kamar Mandi, Jadi Sarang Bakteri!
Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Winnetnews.com -  Kita menghabiskan waktu yang cukup lama saat berada di kamar mandi, setiap harinya. Ketika berada di kamar mandi, biasanya kita akan menggunakan sejumlah barang seperti sabun ataupun sikat gigi. Karena sering digunakan, maka barang-barang perawatan diri sering disimpan di dalam kamar mandi.

Meskipun terasa efisien, tapi ternyata benda-benda tersebut seharusnya tidak diletakan di kamar mandi, karena dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kita. Berikut adalah beberapa barang yang tidak boleh disimpan di kamar mandi.

Sabun batang

Menyimpan sabun batang di dekat pancuran air, dapat mempersingkat umur simpannya. Air akan menghancurkan sabun batang dan residunya menumpuk di bak mandi. Cara terbaik untuk menyimpan sabun batang, adalah dengan meletakkannya di atas tempat sabun dengan lubang yang memungkinkannya mengering dan jauh dari pancuran.

Kuas makeup

Kuas makeup perlu dibersihkan secara teratur untuk menghindari tumbuhnya bakteri. Namun setelah dicuci, simpan kuas di tempat yang kering dan posisikan kuas kea rah atas. Udara hangat dan lembab kaamr mandi, menyebabkan penyebaran jamur dan bakteri.

Parfum

Menyimpan parfum di kamar mandi, dapat merusak struktur molekulnya dan menyebabkannya asam. Untuk menjaga kesegaran parfum, maka simpan di lemari yang ada di luar kamar mandi.

Handuk

Menyimpan handuk yang lembab di kamar mandi, dapat menjadi sarang baketri. Kehangatan dan kelembapan membuat kamar mandi menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Handuk akan membawa kuman yang nantinya tertransfer ke kulit kita. Idealnya, handuk yang harus segera dicuci setelah 3 kali penggunaan dan biarkan hingga benar-benar kering.

Sabun muka

Jika sabun muka tidka tertutup rapat, maka udara lembab kamar mandi dapat mendorong tumbuhnya bakteri penyebab iritasi atau jerawat. Tempat yang baik untuk menyimpan produk perawatan kulit adalah di luar kamar mandi yang kering.

Sikat gigi

Ketika menyiram toilet dengan tutupnya yang terbuka, maka kuman dapat menyebar hingga 15 kaki dan kemungkinan besar bakerti akan tersemprot ke seluruh sikat gigi. Dokter gigi merokemndasikan untuk menyimpan sikat gigi sejauh mungkin dari kloset dan tempat yang sepenuhnya kering.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...