6 Cara Efektif Cegah Diabetes Tipe 2
Foto: Pexels/Kate Trifo

6 Cara Efektif Cegah Diabetes Tipe 2

Kamis, 19 Nov 2020 | 16:33 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit kronis yang dialami oleh jutaan orang di dunia. Jika kondisinya semakin parah, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung dan kondisi serius lainnya.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, umur, hingga pola hidup  yang tidak sehat. Meski begitu, kita masih bisa mengurangi resiko terkena diabetes dengan beberapa cara berikut ini.

Hindari makanan tinggi karbohidrat rafinasi dan gula

Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat rafinasi dan gula dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini dapat menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat untuk mengurangi resiko diabetes.

Olahraga

Rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mencegah perkembangan prediabetes menjadi diabetes.

Minum air putih

Minum air putih setiap hari dapat berdampak baik bagi kesehatan. Dengan minum air putih, kita dapat mengontrol kadar gula darah dan kadar insulin. Hal tersebut dapat mengurangi resiko diabetes.

Jaga berat badan tetap ideal

Berat badan yang berlebih, terutama di bagian perut, dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes. Disarankan untuk tetap menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga mengurangi resiko terkena diabetes.

Berhenti merokok

Merokok tidak hanya beresiko bagi paru-paru, tapi juga dapat menyebabkan kita terkena diabetes. Seorang perokok berat memiliki resiko diabetes yang tinggi. Berhenti merokok terbukti mengurangi resiko ini dari waktu ke waktu.

Kurangi konsumsi makanan olahan

Mengurangi konsumsi makana olahan dan berfokus pada makanan utuh, bisa memberikan perlindungan bagi kesehatan kita. Tak hanya itu, meminimalkan makanan olahan juga dapat membantu mengurangi resiko diabetes.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...