(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

6 cara jaga makanan sehat lebih awet

Liani
Liani

6 cara jaga makanan sehat lebih awet

 Tren mengonsumsi makanan sehat saat ini sepertinya telah menjadi gaya hidup. Namun seiring waktu dan semakin banyaknya inovasi makanan sehat, tak sedikit diantaranya memiliki harga selangit.

Penelitian di Amerika bahkan sempat menemukan, 41 persen makanan sehat mudah masuk tempat sampah karena sifatnya yang tidak awet. Nah, untuk membantu mengurangi sampah dan menjaga dompet Anda, berikut ini ada beberapa tips menjaga makanan bertahan lebih lama.

1. Masukkan Jus Hijau ke freezer

Bahkan jika lewat 1-2 hari dari tanggal kedaluwarsa, jus hijau masih bisa Anda nikmati. Caranya, masukkan jus ini ke freezer. Memang pasti akan membeku. Tapi menurut perusahaan jus Evolution Fresh, menyimpan jus di lemari pendingin dan menunggu beberapa waktu bila ingin meminumnya adalah cara terbaik menjaganya tetap aman dikonsumsi.

2. Jangan masukkan tepung terigu ke Kulkas

Baik tepung atau gandum mengandung minyak alami yang bisa menimbulkan bau tengik. Jadi pastikan menyimpan bahan makanan ini dalam wadah kering yang tidak lembap.

3. Jangan mencuci buah beri

Kelembaban akan membuat semua buah beri gampang busuk. Pastikan juga untuk memeriksa wadah berry secara berkala dan memilih buahnya.

4. Oles alpukat dengan perasan lemon

Seperti apel, alpukat mengandung enzim yang mudah teroksidasi saat terkena udara dan menyebabkan berubah menjadi cokelat. Untuk menghentikan proses tersebut, ada cara mudah. Kupas alpukat dan olesi tipis perasan lemon, bungkus dalam plastik dan simpan di lemari es.

5. Membungkus sayuran dengan kain atau kertas

Kain dan kertas akan menyerap kelembaban sayuran hijau di lemari es sehingga menjaga daun tetap segar. Hal ini juga berlaku bagi bawang, kentang ataupun sayuran bertunas lainnya.

6. Tuang biji-bijian ke toples

Biji-bijian dan kacang-kacangan kering memiliki kadar air yang rendah, sehingga yang penting menjaganya tetap awet adalah menyimpannya di tempat tertutup dan kering.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});