6 Cara Menghentikan Bicara Negatif Pada Diri Sendiri
Foto: Unsplash/Ladislav Bona

6 Cara Menghentikan Bicara Negatif Pada Diri Sendiri

Jumat, 17 Jul 2020 | 15:40 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Bicara negatif terhadap diri sendiri, sering kali dilakukan saat kita sedang menghadapi masalah atau mengalami kegagalan. Kata-kata negatif yang ada di pikiran kita dan digunakan untuk mengutuk diri sendiri ini, sangat tidak baik.

Kebiasaan berkata negatif terhadap diri sendiri dapat membuat diri kita stres dan megacaukan apapun yang sedang dikerjakan. Dikutip dari Hello Sehat, negative self talk merupakan pikiran negatif yang membuat kita tidak menyemangati diri sendiri untuk terus maju. Pikiran tersebut malah membuat diri kita menyalahkan dan meremehkan kemampuan diri sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya berbicara negatif terhadap diri sendiri harus mulai dikurangi. Dirangkum dari The Healthy, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi negative self talk.

Lihat diri sendiri lebih akurat

Bagian otak kita dirancang untuk memindai masalah, sehingga kita bisa memikirkan kelemahan dan memperbesar masalah. Amy Johnson, PhD, seorang psikolog dalam bukunya ‘The Little Book of Big Change’ menuliskan, “Hal yang dipikirkan dan dilihat oleh pikiran kita sebagai ketidaksempurnaan dan cacat mengerikan ini, cukup luas.”

Ketika kita sadar bahwa pikiran sedang tidak mengatakan yang sebenarnya, kita bisa membiarkan kritikan dan perkataan negatif menjadi kebisingan latar belakang, alih-alih raungan yang menganggu. Cara ini bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri kita, saat merasa tak berdaya.

Fokus pada sifat baik

Iriana Popa-Erwin, pendiri The NYC Life Coach mengatakan, “Sulit untuk melupakan rasa sakit, tetapi mudah untuk melupakan apa yang membuat kita bahagia.” Agar seseorang dapat mengingatkan diri sendiri dengan kualitas terbaik kita, dia merekomendasikan untuk bercermin dan temukan tiga hal yang disukai tentang diri sendiir selama tiga bulan. Menurutnya, cara ini membuat kita dapat merangkul dan percaya sifat baik itu, karena selalu dikatakan berulang pada diri sendiri.

Memahami pikiran negatif memiliki maksud yang baik

“Jangan pernah menyalahkan suara batin mu yang mengkritik dirimu,” ujar Melissa Sanfort, pendiri A Thousand Paths. Alih-alih membeci pikiran negatif kita, hargai tujuan mereka yang bermanfaat. Pahami mengapa kita mempunyai pikiran itu, tetapi jangan percaya saat mereka mengatakan kalau kita tidak cukup baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...