6 Dampak Positif Menari Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Nurul Faradila
Nurul Faradila

6 Dampak Positif Menari Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu Ilustrasi, Unsplash

Winnetnews.com - Seorang penari yang berada di atas panggung biasanya akan nampak ceria, dinamis, dan bugar. Namun, hal tersebut bukan terjadi karena tuntutan profesi semata. Berdasarkan hasil beberapa riset, kegiatan menari dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Gerakan tari yang dilakukan dapat menurunkan berat badan, menjaga tubuh tetap fleksibel, serta mengurangi stres. Dikutip dari Cosmopolitan, berikut ini adalah dampak positif menari bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Jika kamu merasa bosa untuk melakukan fitness, maka menari bisa menjadi alternatifnya. Menari termasuk ke dalam kegiatan ritmik yang bisa membuat seluruh tubuh bergerak dan meningkatkan denyut jantung, tingkat pernapasan, sirkulasi darah, dan gerakan otot. Beberapa jenis tarian dapat membakar kalori dengan cepat, sedangkan yang lainnya bisa membentuk otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Sebuah studi di Journal of Physiological Anthropology menemukan kalau latihan dansa aerobik bermanfaat untuk menjaga berat badan dan sama seperti sedang bersepeda atau jogging.

2. Fleksibilitas tubuh terjaga

Gerakan plie dan arasbeque yang biasa dilakukan oleh penari balet tidak hanya indah, namun juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi tubuh yang kaku. Kalau kamu bukan seorang penari balet, maka kamu dapat melakukan dasar-dasar latihan seperti stretching di rumah. Peregangan tersebut dapat mencegah nyeri sendi serta rasa sakit setelah olahraga.

Apa Reaksi Kamu?