6 Hal Ciri-ciri Kanker Serviks

Liani
Liani

6 Hal Ciri-ciri Kanker Serviks

Sebelum menyebar luas, Anda bisa lakukan pencegahan dengan mengetahui gejala kanker serviks.

1. Pendarahan vagina tidak teratur

Ini bukan pendarahan karena haid, tapi pendarahan abnormal lain dari organ intim wanita. Pendarahan apapun bukanlah tanda sehat. Apalagi jika Anda sampai sering keputihan yang tidak biasa. Segeralah periksakan diri ke dokter karena itu bisa menjadi pertanda kanker serviks.

2. Bau vagina tidak sedap

Bau tak sedap di area intim bisa menjadi peringatan kesehatan Anda sedang memburuk. Biasanya pada wanita sehat saat keputihan tidak terdapat bau. Apabila Anda sedang keputihan dengan aroma yang tidak menyenangkan, waspadai itu gejala kanker serviks.

3. Buang air kecil bermasalah

Buang air kecil merupakan proses alami dan pasti tidak akan menyakitkan. Namun, saat Anda sedang buang air kecil hingga Anda merasa sakit atau nyeri, tandanya ada yang salah dengan Anda. Jangan dibiarkan. Segeralah ke rumah sakit dan periksakan diri. Gejala ini juga berlaku saat Anda mengalami kesulitan buang air besar.

4. Sakit selama seks

Seks seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nikmat. Tetapi jika Anda mengalami nyeri saat berhubungan seks, hati-hati itu bisa menjadi salah satu dari gejala kanker serviks.

5. Bengkak pada kaki

Bila Anda melihat kaki membengkak tanpa alasan, Anda sedang menderita kondisi pra kanker serviks. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kaki membengkak. Tapi untuk berjaga-jaga, lebih baik Anda periksakan diri ke dokter.

6. Nyeri panggul

Nyeri panggul tidak serta merta gejala dari kanker. Apabila rasa sakit disertai gejala-gejala lain yang telah disebutkan di atas, itu membulatkan Anda kemungkinan besar sudah terserang penyakit kanker serviks.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});