6 Jenis Makanan Yang Berbahaya untuk Dipanaskan Kembali

6 Jenis Makanan Yang Berbahaya untuk Dipanaskan Kembali

Minggu, 25 Sep 2016 | 23:27 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Memanaskan kembali makanan tidak selalu dianjurkan. Memang agar tetap hemat kerap kali kita menyimpan makanan di kulkas untuk kembali dihangatkan keesokan harinya. Namun tidak selamanya baik.

Berikut sejumlah jenis makanan yang justru berbahaya bagi kesehatan jika dipanaskan, seperti dilansir dari Womansday.

1. Seledri, bayam, dan bit

Panas dapat menyebabkan nitrat dari dalam sayuran ini berubah menjadi racun yang mengandung karsinogenik, ketika dipanaskan untuk kedua kalinya.

2. Jamur

Secara umum, jamur harus dimakan dan dihabiskan langsung setelah mereka dibuat. Protein di dalamnya dapat memburuk segera, setelah kamu memotongnya, dan jika dipanaskan kembali bisa menimbulkan masalah pada perut nantinya.

3. Telur

Telur yang dipanaskan kembali baik dengan direbus atau dibuat orak-arik bisa berubah menjadi racun dan juga bisa memicu masalah pada pencernaan kamu nantinya.

4. Kentang

Jika kentang ditinggalkan agar dingin pada suhu ruangan dan kemudian tidak dimasukkkan ke dalam kulkas kembali, maka kondisi ini bisa memicu pertumbuhan botulisme. Tentunya ini adalah dampak yang sangat negatif pada kesehatan manusia.

5. Ayam

Memanaskan ayam tidak semudah yang kamu pikirkan. Komposisi protein dalam ayam dapat berubah ketika ayam yang sudah dingin dipanaskan untuk kedua kalinya, setelah disimpan di lemari es.

Ini dapat menyebabkan masalah pada pencernaan kamu jika dikonsumsi dalam kondisi yang kurang baik atau matang sepenuh ya untuk kedua kalinya. Namun jika kamu tetap ingin melakukannya, pastikan bahwa bagian dalam ayam tersebut juga panas.

6. Nasi

Nasi seringkali merupakan makanan yang sering tersisa, namun kamu bisa keracunan jika memanaskannya kembali.

"Sebenarnya ini bukan karena masalah memanaskan kembali, namun bagaimana cara nasi tersebut disimpan sebelum dipanaskan untuk kedua kalinya," ujar Food Standards Agency (FSA).

Intinya, semakin lama kamu meninggalkan nasi pada suhu ruangan, maka akan semakin berbahaya untuk kesehatan kamu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...