6 Makanan Terbaik untuk Mengontrol Diabetes

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

6 Makanan Terbaik untuk Mengontrol Diabetes
Foto: Pexels/Anastasiia Petrova

Winnetnews.com -  Mencari makanan yang terbaik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bagi sebagian orang terasa cukup sulit. Pasalnya, tujuan utama dari pemilihan makanan adalah untuk mengontrol kadar gula darah yang ada di tubuh kita.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung. Diet yang dilakukan oleh penderita diabetes, mempunyai peran utama dalam mencegah dan mengelola diabetes.

Dirangkum dari Healthline, berikut ini sejumlah makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes, baik diabetes tipe 1 ataupun tipe 2.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring, sarden, hingga mackerel dianggap sebagai salah satu makanan tersehat. Hal tersebut karena jenis ikan ini, mempunyai sumber lemak omega-3 DHA dan EPA, yang mempunyai manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Mendapatkan jenis lemak ini secara teratur, sangat penting bagi penderita diabetes yang mempunyai peningkatan resiko penyakit jantung dan stroke. DHA dan EPA diketahui dapat melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi peradangan dan dapat membantu memperbaiki fungsi arteri.

Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau sangat bergizi dan rendah kalori, serta rendah karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan. Bayam, kangkong, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat dan juga mempunyai kualitas anti-inflamasi. Selain itu, meningkatkan asupan makanan kaya vitamin C dapat membantu penderita diabetes meningkatkan kadar vitamin C serum mereka, sekaligus mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...