6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Kulit Sehat dan Glowing
Foto: Pexels/Ela Haney

6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Kulit Sehat dan Glowing

Selasa, 5 Jan 2021 | 16:23 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kulit yang sehat merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Kondisi ini, bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Pola makan yang tidak sehat, tidak hanya bisa berdampak buruk bagi metabolisme tubuh, tapi juga untuk kulit kita. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa apa yang kita makan, dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kulit.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan yang wajib dikonsumsi jika ingin mempunyai kulit yang sehat.

Ikan berlemak

Jenis ikan berlemak seperti salmon, mempunyai asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi peradangan dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, jenis ikan ini juga menjadi sumber protein, vitamin E, dan seng berkualitas tinggi.

Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak baik, serta mengandung vitamin E dan C. Kedua jenis vitamin tersebut, sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Alpukat juga mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ubi

Ubi menjadi sumber beta karoten yang sangat baik. Beta karoten berfungsi sebagai tabir surya alami dan bisa melindungi kulit dari efek negatif paparan sinar matahari.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin, mineral, dan karotenoid yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Di dalam sayuran ini, juga terdapat kandungan sulforaphane, yang bisa membantu mencegah kanker kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang sudah terbukti dapat memperbaiki kerutan, kolagen, elastisitas kulit, dan kulit kering. Selain itu, kedelai juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan karena sinar UV.

Coklat hitam

Coklat mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sengatan matahari. Antioksidan yang ada di dalam coklat juag mampu memperbaiki kerutan, ketebalan kulit, hidrasi, aliran darah, dan tekstur kulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...