6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan dan Kecantikan
Foto: Healthline

6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 11 Jan 2021 | 15:22 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Ganggang hijau atau yang juga dikenal dengan spirulina, menjadi salah satu suplemen yang populer di dunia. Hal ini karena spirulina kaya akan nutrisi dan antioksidan, sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, spirulina juga baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Sehingga tidak jarang spirulina dijadikan sebagai masker.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari spirulina bagi kesehatan tubuh dan kulit kita.

Menurunkan kolesterol jahat

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Terdapat sejumlah faktor yang berhubungan dengan penyakit ini, salah satunya ada kadar kolesterol yang tinggi. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di National Institute of Health tahun 2001, ditemukan bahwa spirulina dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dan secara bersamaan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Menurunkan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan penyakit serius, termasuk penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal. Melansir Healthline, dosis spirulina yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah, yang menjadi faktor utama berbagai penyakit.

Mengobati anemia

Anemia umumnya terjadi karena kurangnya kadar sel darah merah atau hemoglobin. Anemia biasanya dialami oleh orang dewasa, menyebabkan tubuh terasa lemah dan kelelahan yang berkepanjangan. Sebuah studi yang dipimpin oleh Carlo Selmi dari University of California tahun 2011, menemukan bahwa spirulina dapat mengurangi anemia pada orang dewasa, meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Anti-inflamasi (peradangan)

Kerusakan oksidatif dapat merusak DNA dan sel. Kerusakan ini juga bisa memicu peradangan kronis, yang menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Spirulina merupakan sumber antioksidan yang luar biasa, sehingga dapat melindungi dari kerusakan oksidatif.

Selain itu, terdapat juga komponen aktif yang disebut phycocyanin yang berguna untuk melawan radikal bebas dan menghambat molekul penyebab peradangan.

Mempunyai sifat antikanker

Spirulina diketahui mempunyai sifat antikanker. Beberapa penelitian yang dilakukan kepada hewan pun, menunjukkan bahwa spirulina dapat mengurangi kejadian kanker dan ukuran tumor. Sifat antikanker yang ada dalam spirulina efektif untuk melawan lesi prakanker pada mulut yang disebut OSMF.

Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot

Spirulina mempunyai manfaat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Dalam studi yang dipublikasikan di National Institute of Health tahun 2006, disebutkan kalau spiriluna meningkatkan daya tahan tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...