6 Orang Prajurit TNI Kodam Sriwijaya Dipecat Gara-Gara Terlibat Narkoba

6 Orang Prajurit TNI Kodam Sriwijaya Dipecat Gara-Gara Terlibat Narkoba

WinNetNews.com-Pengadilan Militer I-04 Palembang percepat sidang putusan bagi 6 orang prajurit Kodam II Sriwijaya yang terlibat narkoba. Selain hukuman penjara, majelis hakim sepakat copot mereka dari tugas dinas atau dipecat dari kesatuannya.

"Percepatan sidang khusus terhadap 6 oknum prajurit Kodam II Sriwijaya yang terlibat kasus narkoba bertempat di Ruang Sidang Gedung Sudirman Makodam II Sriwijaya. Dalam sidang putusan yang diberikan oleh Pengadilan Militer I-04 Palembang, Majelis Hakim memberikan keputusan yang sama kepada keenam prajurit berupa hukuman tambahan yaitu dipecat dari dinas tentara," terang Kapendam II Sriwijaya Syaepul Mukti Ginanjar dalam keterangan resmi, Jumat (15/4/2016). Pada persidangan itu, hadir keenam orang terdakwa yakni Praka Dirga Rahmad, Serka Paulus Pilartus Hendro, Serda Supangat, Prada Wilson dan Sertu Rusbi serta Koptu Agus Prasojo. Mereka disidang dengan cara bergantian oleh Majelis Hakim yang terdiri atas Letkol Chk Surono, Letkol Chk Syaiful Ma'arif, Mayor Chk Agus Husein, Mayor Sus Jonarku, Mayor Chk Abdul Halim, dan Mayor Chk M. Syawaluddin.

"Persidangan dimulai dari Serda Supangat, yang selama ini menjadi anggota Rindam II Sriwijaya. Majelis Hakim menjatuhkan pidana satu tahun penjara dan hukuman tambahan dipecat dari dinas militer. Selanjutnya Koptu Agus Prasojo juga divonis dengan hukuman yang sama," jelas Syaepul.

Sidang selanjutnya, lanjut Syaepul, yakni Praka Dirja Rahmad yang juga anggota Rindam II Sriwijaya, dijatuhi hukuman enam tahun penjara, dengan denda 1 miliar dan subsider kurungan 3 bulan juga dipecat dari dinas militer. Dirja dikenakan pasal berlapis, yakni melakukan tindak pidana menyimpan dan memiliki senjata api dan melanggar pasal 1 UU no 12 tahun 1951. Kedua, pasal 114 ayat (1) UU RI no 35 tahun 2009, dan pasal ketiga yaitu pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI no 35 tahun 2009.

Pratu Wilson mendapatkan giliran keempat dalam sidang. Dia anggota yang berasal dari satuan Yonif 141. Dalam putusan sidangnya, Majelis Hakim jatuhi hukuman penjara 1 tahun 2 bulan dan hukuman tambahan juga di pecat dari dinas militer.Sedangkan, Serka Paulus Pilantus Hendro, anggota Rindam II Sriwijaya, divonis dengan hukuman 1 tahun penjara dan juga dipecat dari militer. Sementara vonis untuk Kopda Abdul Manan, anggota Kodim Bengkulu Utara yang terbelit kasus narkotika pun dihukum penjara 1 tahun 6 bulan dan dipecat dari dinasnya."Secara umum, keenam terdakwa secara sah dan meyakinkan melanggar hukum terutama pasal 127 Ayat (1) UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika," tandas Syaepul.

Sumber&foto:detik.com