6 Tanda Tubuh Terkena Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu!
gejala serangan jantung / foto: istimewa

6 Tanda Tubuh Terkena Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu!

Selasa, 8 Mei 2018 | 09:10 | kontributor

winnetnews.com - Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa manusia. Penyakit ini bisa terjadi bila aliran darah dan oksigen ke jantung menjadi terhambat. Otot jantung mulai mati karena kekurangan oksigen. Jika tidak segera pulih, area jantung bisa mati. Jika intervensi medis tidak segera terjadi, seluruh jantung bisa berhenti dan tentu saja mengarah ke kematian.

Tahukah kamu kalau tubuh akan memberi peringatan hingga enam bulan sebelum terjadinya serangan jantung? Perhatikan enam tanda peringatan berikut ini jika kamu khawatir kemungkinan terkena serangan jantung.

1. Kelelahan yang sangat ekstrem.

Salah satu tanda awal serangan jantung adalah kelelahan yang ekstrem. Kelelahan sangat normal dialami setiap orang usai melakukan aktivitas fisik sepanjang hari. Namun jika kamu terus merasa lelah dan letih, mungkin perlu menemui dokter untuk memantau kesehatan jantung. Tidak wajar jika kamu cukup tidur, makan dengan baik, dan tenaga fisik tidak terkuras namun tetap merasa letih.

2. Gangguan tidur

Gangguan pada kebiasaan tidur merupakan tanda lain. Pikiran bawah sadarmu mungkin mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah. Jika kamu tidak memiliki penjelasan logis untuk gangguan tidur seperti kehausan yang ekstrem di malam hari atau sering buang air kecil, segera temui dokter.

3. Napas tersengal.

Mengalami sesak napas bisa jadi peringatan kunci bahwa kamu mengalami masalah jantung. Bila jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup, kamu bisa merasa sesak napas.

4. Gangguan pencernaan.

Selalu memiliki perut yang selalu kram tidaklah normal. Gangguan pencernaan akibat makanan pedas mungkin saja tapi jika lebih dari itu kamu perlu waspada.

5. Sering gelisah.

Jika kamu mengalami kegelisahan yang berlebih tanpa sebab yang jelas, segera konsultasikan dengan dokter.

6. Lengan mati rasa.

Bila jantung tidak menerima oksigen yang cukup untuk bekerja, akan mengirimkan impuls ke tulang belakangmu. Bila ini terjadi, saraf yang saling terkait antara jantung, tulang belakang, dan lenganmu akan mengirim dorongan yang menyebabkan rasa sakit pada lengan. Jika kamu mengalami mati rasa di lengan, mungkin kamu sedang mengalami serangan jantung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...