Image 6 Tips Bikin Sambal Ulek  Gurih, Nikmat, Lezat!
Food  

6 Tips Bikin Sambal Ulek Gurih, Nikmat, Lezat!

Senin, 17 Juli 2017 11:36 WIB

winnetnews.com - Bagi masyarakat Indonesia, sambal sudah menjadi salah satu makanan pokok yang wajib disajikan di meja makan. Sensasi pedasnya yang khas memang terasa nikmat ketika disantap bersama nasi putih hangat dan hidangan lezat lainnya.

Untuk membuat olahan sambal yang lezat dan menggugah selera, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, termasuk saat pemilihan bahan-bahan dasar.

Dikutip dari buku Aneka Resep Sambal Praktis, karya Budi Sutomo, yuk simak tips membuat sambal yang lezat dan menggugah selera, Kamis (13/7/2017).

  1. Selalu gunakan bahan sambal yang segar dan berkualitas baik. Bahan dasar yang baik akan menghasil cita rasa sambal yang prima.
  2. Cuci bersih bahan sambal segar untuk menghilangkan kotoran yang masih menembel.
  3. Buatlah sambal sesaat sebelum disajikan. Sambal yang dibiarkan lama cenderung berair, kering, dan kualitas rasanya akan menurun.
  4. Sangrai bumbu seperti lada, ketumbar, kemiri, jintan, wijen, dan lada jika akan digunakan untuk membuat sambal. Dengan disangrai sambal akan lebih harum dan tahan lama.
  5. Gunakan ulekan atau cobek untuk sambal bertekstur kasar. Jika ingin menikmati sambal bertekstur lembut gunakan grinder atau blender.
  6. Tambahkan minyak matang atau minyak jelantan jika tekstur sambal terlalu kental. Menambahkan minyak juga membuat sambal lebih gurih dan lezat. Anda bisa menggunakan minyak bekas menggoreng bawang agar sambal lebih wangi.
Propam Polda Metro Jaya Menangkap Oknum Polisi yang Menganiaya Anak Jeremy Thomas
Sesi II: IHSG Turun 50 Poin ke Level 6.593

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun