6 Wisata Museum di Bandung untuk Akhir Pekan yang Edukatif dan Seru!

6 Wisata Museum di Bandung untuk Akhir Pekan yang Edukatif dan Seru!

Memang, Bandung takhanya dikenal dengan wisatabelanja dan wisata kulinernyasaja, disinibanyak museum yang bisadikunjungi di akhirpekanini. Yuk, wisata museum!

Museum-museum di Bandung ditata dengan apik dan modern. Sebagianbesar menyimpan kisah-kisah historis Bandung dan Indonesia. Nah,Berikutiniadalah 6 museum terkenal di Bandung yang bisadikunjungi oleh kamu dan keluarga di akhirpekanini.

1. Museum Perjuangan RakyakJawa Barat.

Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat iniberada di bagian dalam dari Monumen Perjuangan Rakyat atau sering disebut sebagai Monju, terletak tepat dalam satugaris lurus dengan Gedung Sate Bandung dan Gasibu yaitu di Jalan Dipatiukur. Didalamnya lebihbanyak menyimpan historis Bandung, mulai dari historis gubernur-gubernur Jawa Barat hingga nialihistoris pahlawan nasional wanita yang berasaldari Bandung, Raden Dewi Sartika.

2. Museum Geologi

Museum yang berada di Jalan Dipenogoro No. 57 Bandung inidulunya digunakan sebagai laboratorium serta tempat penyimpanan hasilpenelitian geologi dan pertambangan dariberbagai wilayah Indonesia. Hingga saatini didalamnya bisaditemukan benda-benda arkeolog dan pertambangan, dengan sarana pendidikan, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian, danobjek pariwisata di area Jawa Barat. Untuk masuk museum ini dikenakan tiket masuk, bagi pelajar dan mahasiswa hanya Rp 3000 dan untuk pengunjung umum hanya Rp 5000 saja.

3. Museum Pos Indonesia

Museum iniberada di Jalan Cilaki No 73 atau tepatnya disamping Gedung Sate Bandung, didalamnya bisaditemukan historis penggunaan jasapos sejak jaman penjajahan juga koleksi prangko dari berbagai Negara sejak penerbitan pertamanya. Untuk masuk museum ini pengunjung tidak dipungit biaya, alias gratis!

4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi terletak di Jalan Lembong No. 38. Di dalamnya terdapat bukti historis perjuangan KODAM Siliwangi, Monumen kekejaman APRA (Angkatan Perang Ratu Adil), serta Senjata-senjata primitive dan modern yang digunakan dalam perjuangan KODAM Siliwangi.

5. Museum Konperensi Asia Afrika (KAA)

Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) atau yang dikenal sebagai Gedung Merdeka ini terletak di Jalan Asia-Afrika No. 65.Di dalam gedung bersejarah ini, terdapat koleksi sejarah Indonesia di masa awal kemerdekaan dan bukti konferensi besar.

6. Museum Sri Baduga

Museum yang terletak di Jalan BKR No. 185, tepatnya di depan Lapangan Tegallega yang menyimpan Monumen Bandung Lautan Api ini menyimpan benda-benda koleksi historis geologi, etnografi, arkeologi, filologi, sejarah,

seni rupa, teknologi, danbiologi.

Ke-enam museum inibisa kamukunjungi secara berurutan, darilokasi yang lebih utara hingga keselatan. Jadikan liburan akhirpekannya lebih bermanfaat dengan wisata museum yang edukatif. Jadi, selamat berliburya!