61% Masyarakat Indonesia Online Dengan Smartphone

61% Masyarakat Indonesia Online Dengan Smartphone

Wingamers.com – Dari tahun-tahun penggunaan dunia maya (online) oleh masyarakat Indonesia terus mengalami perkembangan. Masyarakat saat ini mulai menjadi masyarakat yang melek internet. Tidak hanya nmasyarakat kota saja yang familiar dengan aktivitas online, masyarakat desa pun demikian. Meskipun jumlah tidak sebanyak dengan penggunaan dunia maya (online) oleh masyarakat kota. Indikasi tersebut dapat dibuktikan dengan semakin tingginya pengguna smartphone di Indonesia.

Dilansir dari situs liputan 6, riset terbaru oleh google kembali membahas kehidupan menarik dunia online di Indonesia. Google menggandeng lembaga riset GfK dalam melakukan surveinya kepada 2.500 orang di wilayah Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Topik utama dalam riset tersebut mengukur seberapa besar behavior (kebiasaan) pengguna smartphone menggunakan perangkatnya untuk tujuan tertentu.

Hasilnya 61 persen masyarakat perkotaan indonesia online dengan menggunakan smartphone sebanyak 5,5 jam per hari. Sedangkan penggunaan PC untuk aktivitas online di Indonesia hanya berada pada presentase 17 persen pengguna, dengan total waktu online 1,8 jam per hari. Dari hasil tersebut menyimpulkan bahwa smartphone kini telah menjadi kebutuhan hidup yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern khususnya.

Intensitas penggunaan smartphone semakin meninggi ketika malam hari. Terdapat 16 aplikasi/situs berbeda yang digunakan sebanyak 46 kali per hari, selain itu mereka juga menggunakan aplikasi yang terinstal di smartphone-nya itu selama 26 hari di setiap bulannya.

Dalam survei tersebut google juga mengungkap sebanyak 78 persen responden yang disurvei melakukan belanja online dari perangkat mobile-nya dengan mengecek situs e-Commerce mana yang hendak dipilih lewat search engine.

Masyarakat perkotaan nampaknya mulai familiar dengan aktivitas online dalam kehidupan sehari-hari, dan tingkat kepercayaan masyarakat kini semakin tinggi . Sudah banyak pengusaha yang telah merasakan manfaatnya aktif di dunia online, baik dalam kepentingan iklan, membuka toko online (e-commerce), kepentingan promosi, branding, dan lain-lain. Hal ini merupakan tanda bahwa dunia online merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan di masa mendatang. (rk)