7 Aktivitas Berlibur yang Menantang, Inspiratif, dan Romantis di Lombok

Yudha Raditya
Jumat, 14 Agustus 2015 14:47 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Jumat, 14 Agustus 2015 14:47 WIB
Image 7 Aktivitas Berlibur yang Menantang, Inspiratif, dan Romantis di Lombok

Lombok selalu menjadi surga wisatawan yang ingin berlibur sambil menikmati berbagai pemandangan alam yang indah. Pesona bawah laut yang cantik, pantainya yang eksotis dengan lanskap pasir putih yang menawan, menjadikan Lombok tak kalah dengan pulau wisata favorit, Bali. Tak heran, berbagai aktivitas pemacu adrenalin di alam yang menakjubkan hingga belajar budaya lokal juga bisa Anda lakukan di pulau ini. Kami rangkum tujuh hal yang wajib mengisi liburan Anda di Lombok:

1. Menikmati pesona bawah laut yang elok dengan menyelam dekat tiga Gili

Temukan berbagai keindahan pesona bawah laut yang tersembunyi di Lombok, salah satunya penyu (Shutterstock)

Berlibur ke Lombok, sayang sekali jika Anda melewatkan pesona bawah lautnya yang menawan. Bagaimana tidak? Air lautnya yang jernih membuat berbagai biota yang hidup di dalamnya begitu mudah terlihat. Anda bisa mencoba snorkeling atau menyelam di sekitar tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, yang selalu menjadi favorit wisatawan. Di sini, Anda akan menemukan berbagai hewan laut yang memesona di balik terumbu karang warna-warni yang cantik.

Untuk bisa sampai ke sini, Anda harus menyeberang dari pelabuhan Teluk Kodek, yang berjarak 45 menit dari Bandar Udara lnternational Lombok. Di sini terdapat agen wisata yang menyediakan layanan paket tur diving atau snorkeling. Usahakan datang di pagi hari karena beberapa penyedia layanan di sini memulai perjalanannya di pagi hari dan memakan waktu seharian penuh.

2. Jelajahi bukit, sawah, dan tepi pantai dengan bersepeda sekitar Senggigi

Bersepeda menjadi aktivitas pilihan selama di Lombok (Youtube)

Lombok punya keindahan alam yang autentik. Sawah yang terbentang luas, garis pantai yang indah, dan bukit hijau berjajar hadir menambah suasana eksotis pulau ini. Tentu pesona ini hanya bisa Anda temukan di Lombok, dan bersepeda merupakan cara terbaik untuk menikmatinya.

Untuk mewujudkan keinginan ini, Anda bisa menyewa sepeda di hotel-hotel sekitar Senggigi. Dengan tarif Rp50.000 per harinya, Anda sudah bisa bersepeda mengitari Senggigi. Jalur perbukitan, jalan di tepi pantai, hingga melewati hamparan sawah yang luas, bisa Anda dapatkan di sini. Jika Anda ingin bersepeda jarak jauh, Anda bisa mengikuti beberapa tur paket bersepeda yang diselenggarakan oleh agen wisata perjalanan di kawasan Senggigi. Namun, Anda harus rela merogoh kocek lebih, karena tarif tur per harinya berkisar Rp500.000, sudah termasuk satu unit sepeda, perlengkapan, dan makanan ringan selama perjalanan.

3. Berselancar di Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi arena peselancar pemula (Shutterstock)

Meskipun Pantai Selong Belanak kalah populer dibanding Pantai Kuta Lombok dan Pantai Senggigi, namun jangan anggap sepele keindahannya. Tekstur pasirnya yang halus, lebih putih dan mengeras saat terkena air laut pantai yang jernih, ditambah bukit-bukit yang mengitarinya, membuat lanskap pantai ini begitu menakjubkan.

Di pantai ini, Anda bisa sekadar berbaring menikmati panorama birunya laut di garis pantai yang cukup panjang, mencapai satu kilometer. Pantai ini memiiki dua jenis ombak, di sisi barat ombaknya lebih besar ketimbang sisi lainnya. Inilah yang membuat turis gemar berselancar di sana. Berbeda dengan Desert Point atau Pantai Bangko-Bangko yang terkenal dengan ombak ganasnya, Pantai Selong Belanak memiliki ombak yang lebih tenang, sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali dan ingin mencoba sensasi berselancar.

Jika Anda tertarik, Anda bisa menggunakan jasa Kimens Surf yang menyediakan jasa kursus singkat berselancar di pantai. Hidup hanya sekali bukan? Sayang sekali jika Anda tidak pernah mencoba berselancar di pantai yang indah.

4. Melihat proses pembuatan kain tenun di Desa Sasak Sade

Selain pantai, Lombok juga punya wisata budaya yang harus Anda kunjungi, salah satunya Desa Sade (Wisatalombok)

Melancong ke Lombok tak lengkap rasanya jika Anda belum merasakan sensasi wisata budaya di Desa Sade. Keunikan kampung yang merupakan permukiman suku Sasak ini sudah bisa Anda rasakan ketika berada di luar. Sekitar 200 rumah beratap ilalang berjejer rapi dan menarik perhatian. Desa yang dihuni oleh 900 warga asli Lombok ini siap menyambut Anda dengan ramah. Bukan itu saja, di sini, Anda dapat melihat langsung bagaimana kain tenun khas Lombok dibuat secara manual dan tradisional.

Menenun adalah mata pencaharian utama kaum perempuan di Desa Sade. Proses pembuatan kain tenun khas Sasak dapat disaksikan langsung di Desa Sade. Kain tenun Sasak ini dapat digunakan atau diolah kembali menjadi sebuah produk baru, contohnya pakaian, taplak meja, tas atau aksesori penghias ruangan. Hal ini membuat Desa Sade menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang berburu kain tenun khas Lombok.

5. Mencicipi kuliner khas Lombok: ayam taliwang dan sambal plecing

Ayam taliwang khas Lombok cocok buat Anda para pecinta pedas (Telusuri Indonesia)

Lombok tidak hanya memiliki pantai yang indah, tapi juga keragaman kuliner yang memanjakan para pelancong. Ayam taliwang adalah salah satunya. Cita rasa pedasnya siap menggoyang lidah dan membuat Anda mandi keringat. Memang, kunci kelezatan makanan ini terletak pada bumbu pedasnya.

Ayam taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya menggunakan ayam kampung yang masih muda. Mencicipi ayam taliwang tak lengkap rasanya bila tak digabungkan dengan plecing kangkung. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Ciri khasnya adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan yang biasa tumbuh di kawasan lain. Rasanya segar dan lebih gurih.

Nah, jika ingin merasakan kelezatan ayam taliwang dan plecing kangkung, datanglah ke Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama atau Ayam Bakar H. Moerad yang berada di kawasan Cakranegara. Tak lebih dari Rp100.000, Anda sudah bisa kenyang menikmati satu porsi ayam taliwang ini lengkap dengan plecing kangkung, nasi, dan jus favorit Anda.

6. Menaklukkan Gunung Rinjani dan menemukan keindahan puncaknya

Keindahan Gunung Rinjani wajib dikunjungi (Sumber: Shutterstock)

Gunung Rinjani selalu menjadi primadona bagi pendaki gunung berkat lukisan alam yang mengagumkan dari puncaknya. Salah satunya, pemandangan Danau Segara Anak yang dikelilingi oleh lembah dan perbukitan di sisi barat Gunung Rinjani. Kecantikan alami danau ini akan membuat siapa saja terpesona. Untuk itu, pastikan objek ini masuk dalam daftar perjalanan Anda saat berencana berlibur ke Lombok. Mengapa? Menikmati keindahan Danau Segara Anak dari puncak Gunung Rinjani adalah sebuah pengalaman yang tak akan pernah terlupakan seumur hidup.

Bagi Anda yang minim pengalaman mendaki gunung, tak perlu khawatir, karena Anda bisa menikmati panorama alam yang tersaji di kaki Gunung Rinjani, salah satunya Tetebatu. Di sekitarnya, Anda juga dapat menikmati suguhan alam menakjubkan di Air Terjun Jukut dan Air Terjun Joben.

7. Menginap di resor mewah menghadap pantai privat berpasir putih

Keindahan Gunung Rinjani wajib dikunjungi (Sumber: Shutterstock)

Siapa yang tak ingin tinggal di penginapan tepi pantai? Ditemani hamparan pasir putih yang hanya berjarak beberapa meter dari kamar sambil menikmati deburan ombak hingga matahari terbenam kala sore tiba. Jika Anda mencari tempat tersebut, maka Lombok adalah destinasi yang tepat untuk memanjakan diri, karena Lombok kaya akan pilihan hotel, resor, maupun vila yang berlokasi di tepi pantai.

Contohnya hotel tepi pantai yang terletak di Pantai Senggigi, seperti Kila Senggigi Beach, hotel bintang empat dengan fasilitas lengkap dan cocok bagi Anda yang berlibur bersama anak dan istri tercinta. Mulai dari jogging track, kolam renang anak, dan yang pasti, terletak hanya beberapa langkah dari pantai favorit wisatawan, Pantai Senggigi.

Mau yang lebih eksklusif? Coba menginap di Jeeva Beloam Beach Camp yang terletak di sisi timur pulau dan menghadap Selat Alas. Terdapat 11 pondok bernama Pantai Beruga yang bangunannya didesain dengan meniru gaya rumah-rumah perkampungan nelayan suku Sasak. Perpaduan bangunan ramah lingkungan namun dikemas modern dan trendi dengan latar alam perawan pasti bikin Anda sulit beranjak.

Pilihan lainnya, Anda bisa bermalam di hotel tepi pantai yang terletak di Lombok Barat, tepatnya tak jauh dari Pantai Sekotong. Mau liburan hemat? Anda bisa temukan hotel-hotel tepi pantai di Lombok mulai dari Rp135.00 di sini!

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan, Lombok jelas bisa mewujudkan keinginan Anda. Pesan tiket pesawat ke Lombok sekarang juga melalui Traveloka App, aplikasi mobile travel terpopuler di Indonesia. Mulai dari Rp682.000, Anda sudah bisa terbang ke Lombok dan melakukan tujuh kegiatan di atas. Nikmati pesonanya sekarang juga!

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Hobi Baru Anies yaitu Plesiran ke Luar Negeri

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.