7 Cara Atasi Tekanan Darah Rendah

7 Cara Atasi Tekanan Darah Rendah

Jakarta, wingamers - Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah penyakit yang umum diderita oleh manusia. Tekanan darah rendah timbul akibat penurunan curah jantung atau penurunan resitensi perifer. Biasanya seseorang yang mengalami tekanan darah rendah akan mengalami pusing, sehingga jika dibiarkan tanpa penanganan tepat akan mengganggu aktivitas penderitanya.

Beberapa penyebab tekanan darah rendah diantaranya; dehidrasi, pendarahan, inflamasi organ tubuh, otot jantung lemah, penyumbatan pembuluh darah, detak jantung tidak normal, kehamilan, infeksi tertentu, infeksi bakteri, kurang nutrisi, masalah endokrin seperti penyakit tiroid, kekurangan hormon adrenalin, kadar gula darah rendah, dan diabetes.

Beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tekanan darah rendah:

1. Konsumsi kacang-kacangan

Berdasarkan penelitian di Harvard heart Letter kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, kacang merah, buncis, kacang hijau, dan lain-lain direkomendasikan sebagai makanan yang mampu mengatasi tekanan darah rendah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan sehingga hal ini membuat tekanan darah naik. Nah, jika sobat mau sembuh dari darah rendah ada baiknya mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang hijau dan lain-lain.

2.Konsumsi Air Putih

Dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Untuk itu salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah mengonsumsi air putih setiap harinya kurang lebih 8-10 gelas.

3. Mengkonsumsi Kopi

Dengan minum 1-2 gelas kopi perhari dapat menaikan tekanan darah, namun jangan sampai Anda minum kopi secara berlebihan. Jika tekanan darah sudah stabil, Anda bisa mengurangi atau berhenti mengkonsumsi kopi.

4. Konsumsi Daging

Tubuh membutuhkan protein hewani untuk bisa meningkatkan tekanan darah. Daging adalah salah satu sumber protein hewani.

5. Konsumsi garam

Tekanan darah rendah bisa terjadi salah satunya karena kandungan garam dalam darah sedikit. Penderita darah rendah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang asin atau memiliki kandungan garam yang tinggi untuk mengganti elektrolit yang hilang.

6.Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan yang banyak mengandung zat besi seperti roti, sereal, bayam dapat mengurangi resiko tekanan darah rendah.

7. Gunakan Pakaian yang Longgar Pakaian yang ketat dapat mengganggu peredaran darah dalam tubuh, jika darah tersumbat seseorang akan rentan terkena serangan darah rendah.