7 Holding BUMN Lahir di 2016

7 Holding BUMN Lahir di 2016

Kamis, 11 Agt 2016 | 14:03 | Muchdi

WinNetNews.com - Menteri BUMN, Rini Soemarno menargetkan adanya 5 holding BUMN baru yang harus direalisasikan dalam waktu dekat ini. Lima sektor BUMN yang akan dilakukan penyatuan atau holdingisasi antara lain minyak dan gas (energi), pertambangan, jalan tol, jasa keuangan, dan perumahan.

Di antara 5 sektor tersebut, holding sektor energi yang menyatukan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk diperkirakan akan terwujud dalam waktu dekat ini. Saat ini, proses holdingisasi di sektor tersebut masih terus berjalan.

"Kementerian BUMN mengagas jangka pendek 5 holding. Kajiannya sedang diselesaikan tim Pak Aloy (Deputi Kementerian BUMN Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN).

Pertama minyak dan gas, pertambangan, jalan tol, jasa keuangan, dan holding perumahan," kata Sekretaris Menteri BUMN Imam A. Putro yang mewakili Menteri BUMN pada acara Seminar Sinergi BUMN di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, seperti di kutip dari situs detikFinance di tulis, Kamis (11/8/2016).

Hingga akhir 2016, Kementerian BUMN menargetkan adanya 7 holding BUMN yang dapat direalisasikan. Ada 2 tambahan holding sejenis yaitu holding BUMN pangan dan holding BUMN maritim.

 

"Pipeline kajian kami juga akan menyampaikan pembentukan holding pangan dan kemaritiman," kata Imam.

Pihaknya berharap dengan terbentuknya holding dapat meningkatkan kinerja BUMN. Selain itu, BUMN yang sudah tergabung dalam holding juga dapat meningkatkan keuntungannya di masa yang akan datang.

"Kami berharap bahwa terbentuknya holding sektoral meningkatkan kemampuan leverage BUMN untuk bisa memperoleh pendanaan bukan kuantitas tapi juga kualitas," tutur Iman.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...