7 Kesalahan yang Anda Lakukan Ketika Menarik Uang di ATM

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

7 Kesalahan yang Anda Lakukan Ketika Menarik Uang di ATM

WinNetNews.com - Saat Anda berencana untuk makan malam dengan pasangan Anda, sudah pasti Anda membutuhkan uang tunai untuk membayar seluruh pesanan yang akan Anda pesan. Walaupun di jaman sekarang sudah banyak restoran yang menyediakan pembayaran via debit, tapi tetap saja Anda membutuhkan uang cash untuk berjaga - jaga.

Saat Anda membutuhkan uang tunai, pasti Anda langsung menuju ATM untuk mengambil beberapa uang dari rekening Anda. Biasanya ATM yang Anda cari tidak jauh dari pusat perbelanjaan atau di pinggir jalan dekat pertokoan. Sebenarnya banyak hal yang harus Anda ketahui tentang berbagai kesalahan saat di ATM. Anda harus pelajari kesalahan - kesalahan ini agar tidak menimpa kehidupan Anda.

1. Menarik uang tunai dari ATM tanpa ada bilik atau ruang

Anda pasti tahu bahwa ATM harus tertutup dalam ruang kaca kecil saat Anda ingin mengambil beberapa uang dari rekening Anda. Jika tidak ada bilik atau ruang kecil saat Anda mengambil uang dari ATM, penjahat bisa mengetahui cara untuk membobol akun Anda. Tetapi, jika Anda terpaksa menggunakan ATM tanpa bilik, Anda perlu selalu waspada dengan gerak - gerik yang mencurigakan.

2. Melupakan keamanan saat menekan pin Anda

Saat Anda berada dalam ruangan ATM, sudah pasti ada kamera pengintai yang merekam setiap orang di dalamnya. Ide terbaik dalam hal ini adalah tetaplah waspada. Caranya? Dengan menutup tombol pin dengan tangan Anda. Lebih baik Anda melakukan hal ini daripada menyesal.

3. Membuka pintu untuk orang lain

Sebenarnya hal ini jarang terjadi, tetapi lebih baik Anda tahu. Saat Anda sedang berada di ruang ATM, jangan pernah membukakan pintu untuk orang lain. Walaupun itu terlihat sopan, tetapi terkadang ada saja orang jahat yang mengincar uang dalam rekening Anda.

4. Membuang struk saat melakukan transaksi

Biasanya setelah melakukan transfer ke rekening teman atau kerabat Anda, Anda akan diberikan sebuah struk bukti transfer. Baiknya Anda tidak membuang struk ini, karena penjahat bisa saja mengidentifikasi nomor yang ada pada struk itu.

5. Menggunakan kartu kredit Anda

Bagi yang hobi belanja, lebih baik jauhkan diri Anda dari kartu kredit. Karena semakin banyak Anda berbelanja dengan kartu ini, maka Anda akan semakin sulit membayar tunggakan yang menumpuk. Intinya: Disamping keadaan darurat, kartu debit Anda benar-benar satu-satunya kartu yang harus gunakan di ATM.

6. Mendownload aplikasi bank di ponsel Anda

Sudah jamannya Anda bertransaksi melalui mobile phone. Anda bisa mengecek saldo Anda, Mentransfer uang, dan lain - lain. Ini bisa menghemat waktu Anda karena tidak harus berjalan menuju gerai ATM terdekat.

7. Tiba - tiba biaya ATM Anda bertambah

Jangan segan untuk melaporkan jika ada kesalahan dalam penghitungan saldo di rekening Anda. Pihak Bank biasanya akan menggantinya.

Purewow

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...