(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

7 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Jahat Loh

Muchdi
Muchdi

7 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Jahat Loh Ilustrasi Buah Alpukat ( Photo shutterstock )

WinNetNews.com - Kolesterol adalah gumpalan lemak serupa lilin yang menempel di sel tubuh. Lever kita memproduksi kolesterol secara alami. Akan tetapi koleterol juga ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti produk hewani dan olahan susu.

Kolesterol memang diperlukan tubuh agar berfungsi dengan baik. Namun, jika jumlah kolesterol berlebih akibat asupan makanan tinggi kolesterol, akan tercipta plak yang menutup arteri sehingga menghambat peredaran darah.

"Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, serta sirkulasi yang buruk," jelas kardiolog intervensi Omar Ali, MD dari Detroit Medical Center Harper University Hospital.

Idealnya, wanita memiliki 125 hingga 200 mg/dL kolesterol total yang terdiri dari LDL kurang dari 100mg/dL dan HDL 50 mg/dL atau lebih. Sementara pria dewasa idealnya memiliki kolesterol total 125 hingga 200 mg/dL dengan LDL kurang dari 100 mg/dL, serta HDL 40 mg/dL atau lebih.

Mengatur asupan makanan bisa membantu mengurangi kadar kolesterol berlebih. Hal tersebut juga disarankan oleh Jennifer Haythe, MD, co-director dari Women's Center for Cardovaskular Health di New York-Presbyterian.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Prevention, Minggu (6/1/2019), berikut daftar makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

1. Ikan yang kaya asam lemak omega-3

American Heart Association menyarankan konsumsi setidaknya 3,5 ons ikan yang mengandung lemak baik seperti salmon, makerel, tuna, herring, dan trout dalam seminggu. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tersebut bisa mengurangi kadar trigliserida yang berpotensi membuat pembuluh darah keras dan menebal.

2. Oats

Mengonsumsi 5 hingga 10 gram serat yang mudah larut setiap hari bisa menurunkan kolesterol LDL sebanyak 11 poin. Hal itu diungkap oleh National Lipid Association.

3. Kacang-kacangan

Berdasarkan studi-studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, Rutin makan kacang-kacangan seperti almond, pistachio, dan kenari juga bisa menjaga kadar kolesterol secara total tetap rendah.

"Ini karena kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh, asam lemak omega-3, serat, vitamin E, serta sterol nabati," jelas Dr Haythe.

Meski kacang-kacangan menyehatkan, Anda tetap harus memperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi karena kacang-kacangan tinggi kalori. Jadi, cukup makan segenggam atau dua sendok makan kacang-kacangan setiap hari sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat.

4. Teh hijau

Hasil sebuah studi di Jepang terhadap 40 ribu orang dewasa menunjukkan individu yang minum lebih dari lima cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko 26 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung atau stroke. Para ahli menduga, kandungan katekin dalam teh hijau mengurangi produksi kolesterol serta mencegahnya diserap tubuh secara berlebihan.

5. Cokelat hitam

Sebuah studi di Inggris mengungkap, individu yang minum minuman cokelat dua kali sehari selama sebulan memiliki kolesterol LDL rendah namun tinggi HDL (kolesterol baik). Penyebabnya tentu saja flavanoid, senyawa menguntungkan yang memiliki efek antioksidan. Sebaiknya pilih cokelat hitam dengan 70 persen kokoa.

6. Alpukat

Buah yang satu ini tak hanya lezat melainkan juga mengandung serat dan lemak tunggal tak jenuh yang bisa menurunkan kadar total kolesterol hingga 18 poin, kadar LDL 16 poin, seta trigliserida hingga 27 poin.

7. Apel

Apel merupakan salah satu sumber pektin terbaik. Pektin adalah jenis serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol buruk LDL. Selain itu, apel juga sarat antioksidan seperti polifenol. Menurut studi dari Ohio State University, polifenol inilah yang bisa mencegah arteri meradang dan tersumbat oleh LDL.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});