7 Tanda Mengejutkan dari Setres yang Tidak Boleh Kamu Abaikan!

7 Tanda Mengejutkan dari Setres yang Tidak Boleh Kamu Abaikan!

Rabu, 9 Mei 2018 | 10:22 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Apa kamu merasa seperti kurang sehat akhir – akhir ini? Bisa jadi kamu sedang setres yang membuat kamu sakit. Karena stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental kamu, tetapi juga kesehatan fisik kamu, yang menyebabkan berbagai gejala psikosomatik yang tidak diinginkan.

Stres adalah suatu kondisi di mana kedamaian batin seseorang terganggu oleh reaksi terhadap perasaan atau peristiwa tertentu. Stres juga menjadi salah satu penyakit yang paling umum diderita banyak orang, terutama di dunia yang serba cepat saat ini. Ada berbagai efek samping yang berhubungan dengan stres seperti, sakit kepala, kelelahan, depresi, dll.

Dikutip dari Boldsky , berikut ada beberapa gejala mengejutkan yang bereaksi ketika kamu sedang mengalami setres.

1. Gatal – gatal

Efek samping dari stres dapat membuat seseorang mengalami ruam dan gatal-gatal pada kulit, stres dapat menyebabkan peradangan pada sel-sel darah.

2. Berat badan naik

Bahkan berat badan bisa naik saat kamu setres. Hal itu bisa terjadi karena saat kamu setres, kondisi kamu sedang berada di bawah tekanan yang ekstrim, seperti stres menghasilkan hormon yang disebut cortisiol dalam tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Masalah pencernaan

Efek samping dari stres dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan seperti maag dan sakit perut. Karena hormon stres tertentu dalam tubuh dapat melemahkan pencernaan.

4. Sariawan

Berbagai penyebab stres, seperti tekanan pekerjaan, dll, dapat menyebabkan panas dalam di dalam tubuh yang dapat mengarah pada sariawan yang menyakitkan di mulut!

5. Pilek

Ya, pilek juga bisa menjadi efek samping dari stres, karena stres mengurangi kekebalan tubuh kamu, sehingga tubuh kamu menjadi rentan terhadap infeksi mikroba.

6. Jerawat

Efek samping dari stres juga dapat berupa jerawat, karena stres dapat menyebabkan berbagai ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, jadi jika kamu ingin kulit yang bersih, tetap bebas stres!

7. Rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang setres. Ini karena hormon stres dapat melemahkan akar rambut kamu.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...