7 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2016

kontri
kontri

7 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2016
WinNetNews.com - Sudah bukan rahasia jika teknologi terus berkembang setiap tahunnya. Berbagai aspek kehidupan pun semakin mudah karena teknologi yang semakin maju.

Bahkan, beberapa teknologi lama mulai tergantikan oleh perkembangannya yang semakin maju. Kali ini kami akan menjabarkan 7 teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2016.

1. Smartwatch

Setelah sempat diprediksi akan meledak di tahun 2015, sepertinya smartwatch akan semakin ngetren di tahun 2016. Hal ini dipicu oleh raksasa teknologi Apple yang sudah secara resmi memasarkan produk Apple Watch miliknya.

Bukan hanya Apple, Samsung pun sudah resmi menjual jajaran produk Galaxy Gear terbarunya di pasar yang lebih luas. Dengan sistem operasi Tizen yang disematkan pada Galaxy Gear terbarunya, Samsung sukses memicu geliat persaingan di ranah smartwatch .

Jadi, kamu bersiaplah untuk melihat orang semakin ramai menggunakan smartwatch . Jangan-jangan kamu sudah menggunakan smartwatch ?

2. Desktop dan Laptop dengan Sistem Operasi Terbaru

Beberapa tahun terakhir ini, ranah desktop dan laptop semakin ramai dengan kemunculan Chromebook dari Google. Bukan hanya Chromebook, selama tahun 2015 banyak bermunculan laptop-laptop keren yang mengusung desain futuristik, seperti Microsoft Surface Book dan Microsoft Surface Pro 4.

Bukan hanya itu saja, tapi tahun 2016 pun sistem operasi terbaru siap menjadi tren. Sistem operasi Windows 10, perangkat hybrid dengan Android Marshmallow 6.0, Chromebook, dan Mac OS terbaru siap diadaptasi lebih banyak perangkat.

Tren ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, karena sistem operasi terbaru yang ditawarkan juga membawa beragam fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya.

3. Smartphone Dengan RAM Besar

Dimulai dengan ASUS Zenfone 2, smartphone dengan RAM 4 GB mulai bermunculan di tahun 2015. Meski masih jarang, tapi smartphone Android dengan RAM 4 GB mulai diproduksi banyak vendor.

Bahkan Apple pun sudah mulai menggunakan RAM 2 GB pada iPhone 6s, dan dikabarkan akan mengusung RAM lebih besar pada iPhone 7. Tak mau ketinggalan, Microsoft pun membekalkan RAM 3 GB pada Lumia 950 yang merupakan Windows Phone terbarunya.

Jika memang benar Qualcomm tengah mengembangkan Snapdragon 830, maka besar kemungkinan gaung Android dengan RAM 8 GB pun akan terdengar. Yang pasti smartphone dengan RAM besar sudah dipastikan akan menjadi tren yang harus diikuti.

4. Mobil pintar

Sempat menjadi perbincangan hangat, sepanjang 2015 mobil pintar banyak dikaitkan dengan nama Google, Tesla, Toyota Lexus, dan pabrikan lainnya. Mobil tanpa awak hingga perlengkapan teknologi terbaru pada mobil yang dikembangkan berbagai pabrikan otomotif tersebut tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Gaung tren mobil pintar selama tahun 2016 sudah pasti akan semakin kencang dan mulai diimplementasikan secara nyata. Bukti ini sudah bisa terlihat dari tindakan Tesla yang sudah mulai mengembangkan pabrik baterai sendiri untuk mobil pintar selanjutnya.

5. Virtual Reality

Sepanjang tahun 2015, mungkin kamu sudah familiar dengan istilah Virtual Reality (VR). Beragam prototype VR yang muncul dari jauh-jauh hari, seperti Oculus Rift, HTC Vive, dan Sony VR yang dikembangkan tahun-tahun sebelumnya akan resmi diluncurkan pada tahun 2016 mendatang.

Dengan VR, kita seolah masuk ke dalam dunia maya. Sehingga bisa dibilang bahwa VR ini telah memecahkan masalah jarak dan waktu. Melihat kemampuannya yang terbilang canggih dan menarik, sudah pasti objek pembicaraan dan pencarian tentang VR akan semakin hangat sepanjang tahun 2016.

6. Smart TV dan TV Streaming

Apple yang memperkenalkan Apple Tv beberapa waktu lalu sukses menjadi pemicu panasnya perbincangan mengenai Smart Tv yang sekaligus merangkap menawarkan fitur Tv streaming. Ke depannya, bukan tidak mungkin para vendor seperti Samsung dan Xiaomi pun akan mengekor untuk meramaikan tren serupa.

7. Hoverboard

Tidak bisa dipungkiri, tren hoverboard sudah mulai terasa di tahun 2015. Menariknya, seiring kejadian Hoverboard meledak, tren Hoverboard bukannya tenggelam tapi justru malah semakin naik.

Para produsen Hoverboard semakin bersemangat untuk memperbaiki kualitas Hoverboard dan meningkatkan fitur-fiturnya. Dan bukan tidak mungkin jika tahun 2016 akan menjadi tren baru sejak mulai dipasarkannya Hoverboard yang benar-benar bisa terbang.

Menarik bukan menyimak perkembangan teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2016 nanti? Kamu sudah harus siap-siap mengumpulkan informasi teknologi-teknologi tersebut nih agar tidak tertinggal perkebangannya di tahun 2016 nanti.

(dilansir dan diperbaiki dari jalantikus)

Apa Reaksi Kamu?