8 Alasan Merapikan Rumah Agar Terhindar dari Stres dan Frustrasi

8 Alasan Merapikan Rumah Agar Terhindar dari Stres dan Frustrasi

Sabtu, 16 Jan 2016 | 21:30 | Muchdi

WinNetNews.com - Tumpukan surat yang belum dibuka, pakaian kotor, dan mainan yang terlupakan adalah beberapa penyebab kekacauan paling umum di setiap rumah. Terlalu banyak sampah sebenarnya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus membuat rumah lebih teratur.

1. Membuat Anda merasa stres

Menurut para peneliti di UCLA Center of Everyday Lives and Family (CELF), ada hubungan antara kortisol (hormon stres) pada wanita yang rumahnya memiliki kepadatan benda rumah tangga tinggi. Semakin banyak hal yang Anda miliki, semakin banyak wanita stres mengalaminya, karena mereka mengasosiasikan rumah berantakan dengan kegagalan.

2. Menyebabkan Anda makan berlebihan dan mungkin menambah berat badan.

Tentu saja, tumpukan kertas tidak benar-benar menambahkan berat badan, tetapi mereka meningkatkan stres dalam hidup Anda.  Hal ini memungkinkan Anda makan berlebihan, menurut Peter Walsh pada bukunya. Sebagian besar penelitian memang anekdot, tetapi sebuah panel penguji menemukan, menangani kekacauan dengan tujuan penurunan berat badan cukup efektif.

 

3. Membuat lelah

Bahkan jika tidur lebih awal, hal ini sulit membuat Anda segar sementara buku-buku tergeletak berantakan. Sebuah studi di Princeton University Neuroscience Institute menemukan bahwa orang dengan rumah berantakan mengalami peningkatan kelelahan akibat perluasan energi mental pada stres yang disebabkan oleh lingkungan.

Tidak hanya itu, rumah yang berantakan membuat penghuni lebih sulit untuk fokus dan memproses informasi. Artinya, Anda harus berusaha lebih keras dan mengeluarkan lebih banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari.

4. Berdampak negatif pada pembuatan keputusan

Studi yang sama dari Universitas Princeton menjelaskan bahwa kesadaran dan gangguan dari kekacauan yang ada akan menurunkan kondisi mental Anda. Akibatnya, Anda lebih mungkin menjadi frustrasi, sehingga membuat keputusan berbeda dari pikiran Anda biasanya.

5. Menambah biaya

Bila Anda memiliki tumpukan surat yang belum dibuka, padahal surat tersebut berisi tagihan dan Anda lupa membayarnya, maka Anda harus membayar biaya lebih atas keterlambatan. Contoh lain, jika Anda tidak dapat menemukan cat kuku favorit, pada akhirnya mungkin Anda membeli yang baru.

 

6. Menciptakan lingkungan bagi kuman dan hama

Jika Anda tidak dapat melihat permukaan meja dapur, bagaimana bisa membersihkannya?

Lebih lanjut, jika kebiasaan Anda termasuk meninggalkan piring kotor semalaman, pada dasarnya Anda hanya mengundang serangga seperti kecoa ke dalam rumah.

7. Membuat Anda selalu terlambat

Mungkin Anda selalu bangun lebih pagi sebelum beraktivitas seperti bekerja. Namun, mengapa Anda masih saja terlambat? Hal ini mungkin diakibatkan, karena Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari kunci kendaraan atau sepatu yang hilang.

8. Berbahaya secara fisik

Berapa kali Anda tersandung sepatu? Apakah Anda pernah tergelincir kaus kaki kiri pada lantai rumah Anda?

Tumpukan barang berserakan sembarangan di sekitar rumah Anda pasti akan menyebabkan kecelakaan. Jangan biarkan risiko pergelangan kaki terkilir menjadi tinggi akibat rumah yang berantakan.

sumber dari kompas, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...