8 Makanan Yang Baik Untuk Liver Anda, Dari Kopi Hingga Brokoli
Foto: Dr. Weil

8 Makanan Yang Baik Untuk Liver Anda, Dari Kopi Hingga Brokoli

Rabu, 6 Mar 2019 | 10:25 | Sofia Citradewi
Winnetnews.com - Liver atau hati adalah organ yang penting sekali bagi tubuh manusia karena berfungsi untuk menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Organ ini juga berperan dalam produksi empedu dalam tubuh dan membantu pencernaan lemak.

Karena fungsinya banyak dan penting maka dari itu kamu harus menjaga organ yang satu ini dengan baik. Kamu dapat memulainya dengan hal yang sederhana, yaitu memilah makanan yang kamu pilih. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu organ hati bekerja lebih baik.

1. Kopi

image0

Jika Anda tidak dapat melewati hari tanpa kopi, Anda mungkin akan senang mendengar bahwa kopi ternyata bermanfaat bagi hati Anda. Studi menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat melindungi hati Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh terlalu banyak alkohol atau diet yang tidak sehat. Beberapa penelitian menunjukkan itu dapat menurunkan risiko kanker hati.

2. Oatmil

image1

Makanan dengan banyak serat dapat membantu hati Anda bekerja dengan maksimal. Mengonsumsi oatmil adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi oatmil dapat membantu menurunkan berat badan beberapa kilo dan mengurangi lemak perut, yang merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit hati.

3. Teh Hijau

image2

Teh hijau kaya akan zat antioksidan yang disebut katekin. Penelitian menunjukkan, teh hijau dapat melindungi seseorang dari beberapa bentuk kanker, termasuk hati. Anda akan mendapatkan lebih banyak katekin jika menyeduh teh sendiri dan meminumnya saat masih hangat. Es teh dan teh hijau siap minum biasanya memiliki kadar katekin yang jauh lebih rendah.

4. Air Putih

image3

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk hati Anda adalah menjaga berat badan yang sehat. Biasakan minum air putih, bukan minuman manis seperti soda atau minuman olahraga. Anda akan kagum pada berapa banyak kalori yang akan menyelamatkan Anda setiap hari.

5. Kacang Almond

image4

Kacang - terutama almond- adalah sumber vitamin E yang baik, menurut penelitian almond mengandung nutrisi yang dapat membantu melindungi manusia terhadap penyakit hati berlemak. Almond juga baik untuk jantung Anda, jadi raih segenggam saat Anda ingin ngemil. Atau coba memakannya dalam salad.

6. Bayam

image5

Sayuran hijau memiliki antioksidan kuat yang disebut glutathione, yang dapat membantu menjaga hati Anda agar dapat bekerja dengan baik. Dan bayam sangat mudah disiapkan. Bisa jadi dasar yang bagus untuk salad malam, dan juga ditumis dengan bawang putih dan minyak zaitun. Saat layu, tambahkan dengan parmesan segar.

7. Blueberry

image6

Blueberry mengandung nutrisi yang disebut polifenol yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit hati berlemak non-alkohol, yang sering kali terjadi seiring dengan obesitas dan kolesterol tinggi. Jika blueberry bukan pilihan Anda, makanan lain yang kaya akan polifenol adalah dark chocolate, zaitun, dan buah plum.

8. Brokoli

image7

Jika Anda ingin menjaga kesehatan hati Anda, tambahkan banyak sayuran ke dalam diet Anda. Brokoli dapat menjadi bagian dari strategi ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan renyah ini dapat membantu melindungi Anda dari penyakit hati berlemak nonalkohol. Jika brokoli kukus kedengarannya terlalu biasa, Anda bisa coba memotongnya jadi selada dan tambahkan dengan irisan almond, cranberry kering, dan cuka secukupnya. Ini juga enak dipanggang dengan bawang putih dan vinegar balsamik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...