8 Tanda Kamu Harus Berhenti Minum Susu!
Foto: Time

8 Tanda Kamu Harus Berhenti Minum Susu!

Jumat, 20 Des 2019 | 16:24 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Susu menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar orang. Selain karena rasanya yang enak, susu juga setidaknya dapat mengganjal perut yang lapar untuk sementara waktu. Tapi ternyata, terlalu banyak minum susu juga memiliki dampak yang kurang baik untuk tubuh lho. Dilansir dari Bright Side, berikut ini beberapa tanda yang membuat mu harus berhenti minum susu.

1. Mudah lelah

Susu diketahui mengandung molekul opiat yang membuat orang yang meminumnya mudah mengantuk. Namun sebuah hasil penelitian mengatakan, itu tidak berarti membuatmu dapat tidur dengan nyenyak. Karena sulit dicerna, susu akan melelahkan tubuh dengan mencoba menghasilkan energi untuk memecah kandungannya, dan hal itu dapat menganggu siklus tidur. Untuk dapat tidur dengan nyenyak, kamu bisa coba memakan buah dan sayur seperti brokoli, ubi, pisang ataupun apel.

2. Berjerawat

image0

Beberapa hasil penelitian menunjukan kalau susu krim dapat meningkatkan keparahan jerawat di kalangan remaja dan dewasa. Sebab, susu dapat mempengaruhi hormon seperti insulin dan IGF-1, susu rendah lemak pun dapat memengaruhi kesehatan kulit secara negatif.

3. Pencernaan tidak lancar

Sebuah penelitian tentang intoleransi laktosa menunjukan kalau 65-70% populasi manusia di dunia mengalami intoleransi laktosa. Bahkan jika ASI memiliki jumlah laktosa yang lebih tinggi secara relatif, susu sapi lebih sulit dicerna oleh kita. Keluhan seperti kembung, mual, gas, dan diare secara teratur mungkin menyuruh Anda berhenti minum susu.

4. Merasakan sakit di bagian tubuh

Berdasarkan penelitian yang dipulis oleh laman biomedcentral.com, susu bersifat asam. Maka hal itu menyebabkan peradangan yang dapat melukai sendi dan otot. Jika kamu melalukan olahrga dan kesulitan untuk pulih dari cedera otot, maka cobalah untuk mengurangi konsumsi produk yang memiliki kandungan susu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...