9 Gaji Presiden Paling Besar di Dunia

Cindy
Cindy

9 Gaji Presiden Paling Besar di Dunia Foto: Istimewa

Winnetnews.com - Pada debat kelima Pilpres 2019, pasangan capres dan cawapres pada Sabtu (13/4/2019) kemarin, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjanji tidak akan mengambil sepeserpun gaji mereka sebagai presiden jika terpilih nanti.

Terlepas dari itu semua, ternyata ada beberapa gaji presiden terbesar di dunia.

1. Ratu Elizabeth II – Kerajaan Inggris 

Pemimpin kerajaan Inggris ini jadi pemimpin negara dengan gaji terbesar di dunia. Ia digaji $107 juta atau sekitar 1,5 triliun per tahun. Itu artinya dalam perbulan, Ratu Elizabeth digaji sekitar Rp 132 miliar. 

2. Raja Philippe – Belgia

Raja Philippe sudah berkuasa sejak tahun 2013 setelah ayahnya turun tahta. Sebagai salah negara monarki di Eropa, Belgia memberikan gaji yang sangat besar untuk rajanya, yaitu sebesar $14,4 juta per tahun atau sekitar Rp 17 miliar per bulan.

3. Ratu Margrethe II – Denmark

Ratu Denmark yang sudah berkuasa sejak tahun 1972 sampai sekarang. Sekarang Ratu Margrethe II sudah berusia 72 tahun. Meskipun sudah tua, beliau digaji $13,5 juta (Rp 190,2 miliar) per tahun atau sekitar Rp 15,8 miliar per tahun.

4. Kaisar Akihito – Jepang

Kaisar Jepang yang ke-125, Kaisar Akihito, memiliki gaji sekitar $3 juta (Rp 42,2 miliar) per tahun. Itu artinya, dalam sebulan Kaisar Akihito digaji Rp 3,5 miliar.

5. Raja Willem Alexander  – Belanda 

Raja Willem Alexander adalah penguasa Kerajaan Belanda. Sebagai raja, ia memperoleh gaji sekitar $1 juta atau Rp 13 miliar per tahun. Dalam sebulan Raja Willem memperoleh gaji sebesar Rp 1,3 miliar.

6. Perdana Menteri Malcolm Turnbull – Australia

Turnbull menggantikan Tony Abbott sebagai perdana menteri Australia ke-29. Lulusan kesenian dan hukum ini melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar Bachelor of Civil Law. 

Ia sudah menjabat sebagai perdana menteri selama kurang lebih tiga tahun. Ia  mendapatkan penghasilan sebesar $527, 8 ribu per tahun atau sebesar Rp 652 juta per bulan.

7. Presiden Alain Berset – Swiss

Jabatan ini diduduki oleh Alain Berset sejak awal tahun ini. Politikus dari Social Democratic Party ini mendapatkan penghasilan sebesar $482.958 per tahun atau sebesar Rp 597 juta per bulan.

8. Presiden Alexander Van der Bellen – Austria

Politikus sekaligus ekonom Austria Alexander Van der Bellen. Presiden yang pernah menjadi profesor di Universitas Wina ini mulai menjabat sejak 2017 hingga sekarang. Ia mendapat gaji sebesar $404,5 ribu per tahun atau sekitar Rp 499,8 juta per bulan.

9. Donald Trump- Amerika Serikat

Trump justru berada di urutan terakhir. Miliarder dengan total kekayaan $3,1 miliar atau setara dengan Rp 45,99 triliun ini mendapatkan gaji sebagai presiden sebesar $400 ribu per tahun atau sebesar Rp 494,5 juta per bulan.

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?