Skip to main content

9 Penilaian Seseorang dari Dirimu, Yuk Instropeksi Diri!

Foto: Pexels
Foto: Pexels

WinNetNews.com - Ketika dua orang bertemu, mereka saling menilai, mencari tanda-tanda kualitas seperti kejujuran, dan kecerdasan. Bukan hanya pada saat kencan, hal ini juga biasa dilakukan saat wawancara kerja. Hal-hal kecil yang terpenting, dari ketegasan jabat tangan, atau dengan seberapa sering kamu memeriksa teleponmu.

"Hal-hal kecil apa yang banyak bercerita tentang psikologi dan kepribadian seseorang?" Dan penelitian ilmiah terbaru, menyoroti beberapa perilaku paling umum yang digunakan orang untuk menilai dirimu.

1. Jabat tangan

image0

Beberapa pengguna Quora mengakui bahwa mereka menilai orang berdasarkan jabat tangan mereka.

"Jabatan tangan yang kuat biasanya mencerminkan karakter yang kuat dan percaya diri, sedangkan jabat tangan yang lemah biasanya menunjukkan kurangnya kepercayaan diri dan hampir selalu merupakan karakteristik orang-orang yang akan mencari cara mudah untuk melakukan sesuatu," tulis Julian Parge.

Penelitian mendukung gagasan bahwa jabat tangan dapat mengungkapkan aspek tertentu dari kepribadianmu. Satu studi menemukan bahwa orang dengan jabat tangan perusahaan lebih cenderung bersikap ekstrovert dan ekspresif secara emosional dan cenderung tidak pemalu dan neurotik.

2. Ketepatan waktu kita

Terlambat untuk hal-hal yang sangat penting? Orang yang menunggu mungkin akan membentuk kesan negatif terhadap kepribadian kita.

"Orang yang proaktif akan berada di sana tepat waktu, karena dia memiliki motivasi sendiri, terorganisir secara mental, dan menghargai waktu." kata Humaira Siddiqui.

Menurut sains, mereka yang terlambat secara kronis belum tentu orang-orang yang tidak pengertian, tapi mungkin mereka lebih santai, "Tipe B".

3. Tulisan tanganmu

Entah kamu sedang menulis daftar tugas atau catatan cinta, tulisan tangan bisa banyak bercerita tentang dirimu.

Ramesh Nagaraj percaya bahwa "orang yang menaruh banyak tekanan pada pena dan kertas untuk menulis sesuatu, biasanya keras kepala dalam bersikap. Mereka sangat percaya diri. "

Sementara itu, ahli grafologi profesional Kathi McKnight mengatakan bahwa huruf besar menunjukkan bahwa kamu berorientasi pada orang, sementara huruf kecil menyarankan untuk tidak berbicara. Huruf yang miring ke kanan bisa berarti ramah dan sentimental, yang tidak miring sama sekali mungkin berarti pragmatis, dan huruf yang miring ke kiri memberi kesan sedang melakukan introspektif.

4. Warna kesukaanmu

Shivani Jha memiliki teori tentang pilihan warna kesukaanmu. Warna mengungkapkan tentang kepribadian. Misalnya, jika warna favorit berwarna merah, dia menganggap kamu menginginkan pemenuhan fisik. Jika warna favorit kamu berwarna kuning, dia pikir kamu memerlukan keteraturan dan nilai individualitas yang logis.

Psikolog industri Bernardo Tirado memecahkannya sedikit berbeda. Menulis di Psikologi Hari ini, Tirado mengatakan bahwa pecinta merah, ulet dan tekun, sementara pecinta kuning menikmati belajar dan menemukan kebahagiaan dengan mudah.

5. Selera musik

Mengutip sebuah studi tahun 2003 mengenai topik tersebut, pengguna Quora Humaira Siddiqui mengatakan bahwa dia menilai orang berdasarkan jenis musik yang mereka dengarkan.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik "reflektif dan kompleks" cenderung terbuka terhadap pengalaman baru dan liberal secara politis. Mereka yang mendengarkan jams, "optimis dan konvensional" cenderung lebih ekstrovert dan atletis.

6. Kontak mata

Munje mengatakan bahwa jabat tangan yang lemas dan kurangnya kontak mata yang mantap "menunjukkan kurangnya kontrol diri, dorongan yang dibutuhkan untuk menindaklanjutinya, dan kemauan yang lemah."

Sebagai alternatif, psikolog Adrian Furnham, PhD, menulis di Psychology Today bahwa ekstrovert cenderung terlihat lebih sering dan lebih lama di percakapan mereka daripada introvert. Dan secara umum, orang yang melihat pasangannya lebih sering, lebih percaya diri dan dominan secara sosial.

7. Hewan peliharaanmu

image1

Orang mungkin membuat kesimpulan tentang kamu berdasarkan hewan peliharaanmu. Misalnya, Joe Waldron percaya bahwa orang-orang yang tidak menyukai kucing memiliki masalah kontrol, dan dia memperingatkan agar berkencan dengan wanita yang memiliki anjing besar, percaya bahwa mereka tidak tertarik pada hubungan jangka panjang.

Sementara itu, satu studi menemukan bahwa orang yang lebih memilih anjing umumnya lebih energik dan awet muda, sedangkan mereka yang lebih memilih kucing cenderung lebih tertutup dan sensitif. Studi yang sama juga menemukan bahwa orang kucing cenderung lebih cerdas.

8. Bagaimana menanyakan pertanyaan

Bahkan jika seseorang tidak mengatakan apapun tentang diri mereka sendiri dalam percakapan, kamu masih bisa belajar tentang kepribadian mereka.

Seperti Khaliana Schmitz mengatakan: "Saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya ... lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk mengajukan pertanyaan kembali. Kamu akan terkejut betapa hal ini menunjukkan bahwa seseorang adalah 'pemberi' atau 'pengambil'. Ini akan membantu kamu membedakan antara 'orang-orang yang menyukai dirimu' dan 'orang-orang yang menyukai apa yang dapat kamu berikan kepada mereka.' "

9. Apakah kamu menggigit kukumu?

Sushrut Munje memiliki pandangan yang kuat terhadap orang-orang dengan kuku yang digigit, mengatakan bahwa ini adalah tanda bahwa "orang tersebut makan sendiri."

Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menggigit kuku mereka, atau menarik rambut mereka atau memilih kulit mereka, cenderung perfeksionis, tidak dapat sepenuhnya rileks.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top