9 Tersangka Teroris Ditangkap Di Jawa Tengah dan Jawa Barat

9 Tersangka Teroris Ditangkap Di Jawa Tengah dan Jawa Barat

WinNetNews.com - Jajaran Tim Densus 88 Anti Teror membekuk 9 tersangka teroris di tiga provinsi akhir pekan lalu. Para teroris itu diduga akan melancarkan aksinya dengan menyerang sejumlah tempat.

"Kita tangkap mereka ini karena diperkirakan akan melakukan aksi di bulan Desember ini," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015).

Anton menjelaskan, para teroris itu tidak hanya berencana akan menyerang objek vital dan tempat saja, kelompok radikal lainnya di luar ISIS juga menjadi sasaran. Sebab, kelompok teroris yang dibekuk di Jawa Barat dan Jawa Tengah diketahui berafiliasi ke ISIS.

"Kelompok ini juga mengincar kelompok radikal lainnya yang merupakan musuh daripada ISIS. Ini kelompok ISIS ini sudah direstui kelompok utama Indonesia yang juga ada hubungannya dengan Suriah, terutama yang ditangkap di Jawa Tengah dan Jawa Barat," ujarnya.

"Yang ditangkap di Jawa Timur merupakan kelompok radikal lama," sambungnya.

 

Penangkapan dilakukan dalam dua hari berturut-turut. Pada Jumat (18/12) Polri menangkap dua terduga teroris RS alias IW dan YS alias KH di Jalan Raya Majenang, Cilacap, Jateng, sekitar pukul 11.30 WIB.

Sore harinya sekitar pukul 16.05 WIB, dua tersangka teroris inisial Z dan AA juga diamankan di Jalan Awiluar Purbaratu Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sementara pada Sabtu (19/12) sekitar pukul 19.00 WIB, Tim Densus yang dibantu Tim Brimob Polda Jatim membekuk 4 orang terduga teroris di dua lokasi berbeda. Tiga orang masing-masing MKA, TP dan IR dibekuk di Jalan Empu Nala, Kota Mojokerto. Sedangkan teroris inisial JAR alias AR diamankan di Jalan Granit Kumolo, Gresik, Jawa Timur.

" MKA dan JAR itu DPO kelompok Klaten," ujar Anton seraya menambahkan bahwa pada hari yang sama, Tim Densus juga seorang teroris inisial AB alias AK di Desa Bulu, Sukoharjo.

(seperti dilansir dari Detik)