90 Tahun Kolose Kanisius Mengabdi di Dunia Pendidikan Indonesia
Foto:Istimewa

90 Tahun Kolose Kanisius Mengabdi di Dunia Pendidikan Indonesia

Selasa, 2 Mei 2017 | 07:48 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com - Untuk merayakan eksesistensinya di dunia pendidikan Indonesia, Kolose Kanisius yang berada dibawah yayasan Budi Siswa, melakukan serangkaian acara yang sebelumnya sudah dipersiapkan pihak sekolah dan Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius Jakarta (PAKKJ).

Selama sembilan dekade, Kolose Kanisius telah menghasilkan anak-anak yang berprestasi seperti seperti Chatib Basri, Fauzi Bowo, Ricky Pesik, Airlangga Hartarto, Sofyan Wanandi, Peter Gontha, Renald Khasali, Wimar Witoelar, Akbar Tanjung, Sarwono Kusumaatmadja, Ginanjar Kartasasmita, Ade Rai, dan masih banyak lainnya.

Kolose Kanisius didirikan pada 1 Juni 1927 oleh Imam Katolik dari Ordo Jesuit, sampai saat ini Kolose Kanisius terus berusaha mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang berbeda dari yang lainnya. Kolose Kanisius sudah mendapatkan banyak penghargaan seperti penghargaan yang diberikan Menteri. Pendidikan dan Kebudayan sebagai sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional.

"Angka 90 tentunya merupakan angka yang harus kita syukuri dan kami sangat bersyukur bisa bertahan selama ini. Tujuan dari Kolese Kanisius adalah untuk mendidik dan membimbing siswa berdasarkan Pancasila dalam semangat Katolik, sehingga mereka menjadi rajin, jujur, dan bertanggungjawab terhadap sesama dan bangsa. Disini kami tidak hanya mendidik anak-anak dengan agama Katolik, kami sangat menjunjung tinggi plurarisme dan kebhinekaan," kata Kepala Sekolah SMA Kolese Kanisius, Pater Eduard C.

Dalam perayaan ke-90 Kolose Kanisius mengajak seluruh elemen sekolah untuk selalu mengingat sejarah dan menjadikan perayaan 90 tahun ini sebagai momen refleksi dan evaluasi. Serangkaian acara ulang tahun sudah dimulai sejak 6 Januari 2017, seperti workshop pendidikan untuk para guru, sedangkan acara untuk para alumni dengan mengikuti kompetisi olahraga, Basket dan sepakbola.

Tidak hanya kegiatan olahraga dan workshop, Kolose Kanisius juga mengadakan operasi katarak di kota Batu Malang, acara donor darah di dua kota besar, seminar untuk orangtua yang tidak mampu dan seminar bisnis untuk para guru pensiun. Acara 90 tahun akan terus berlangsung sampai dengan akhir tahun 2017.

Pada 29/4/2017 Kolose Kanisius menggelar acara Canisius College Alumni Day yang bertemakan CANIFEST 2017, acara ini akan dihadiri lebih dari 1700 alumni dari berbagai angkatan. Sedangkan untuk perayaan puncak 90 Tahun Kolese Kanisius akan berlangsung pada 11 November 2017 yang bakal digelar di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Utara.

"Kami berharap para alumni dapat terus memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui talentanya masing-masing. Selama kami bersekolah, kami selalu diajarkan tentang keberagaman, menerima perbedaan, toleransi dan tentunya semangat persaudaraan. Semangat-semagat tersebut yang terus kami bawa sampai sekarang ke dalam pekerjaan dan keluarga kami," Ketua PAKKJ Syarief Natanagara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...