Abis Melahirkan Terus Mau Tambah Momongan? Ini Waktu yang Tepat!

Abis Melahirkan Terus Mau Tambah Momongan? Ini Waktu yang Tepat!

Sabtu, 6 Mei 2017 | 22:49 | kontributor

WinNetNews.com - Ibu baru melahirkan, jika kemudian ayah dan ibu hendak menambah momongan, kapan waktu yang dianjurkan jika ditilik dari kacamata medis?

Dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS mengatakan jarak waktu kehamilan yang paling baik adalah dua sampai tiga tahun. Menurut dr Boyke, pertimbangan tersebut juga berkaitan dengan pemberian air susu ibu (ASI).

"Paling bagus itu dalam jangka waktu dua sampai tiga tahun supaya anak juga dapat ASI selama dua tahun dan supaya ibu juga sempat memperbaiki bentuk tubuhnya, baru boleh hamil lagi," ucap dr Boykebaru-baru ini.

Lebih lanjut, dr Boyke mengatakan akan banyak risiko jika ibu hamil kembali setelah melahirkan. Misalnya seperti terpaksa memberhentikan pemberian ASI dan beralih ke susu formula.

Sementara itu, menurut Dr Keely Cheslack-Postava dari Columbia University, New York mengatakan kehamilan kembali yang kurang dari satu tahun bisa meningkatkan risiko bayi mengalami autisme. Sebab hal ini berkaitan dengan kekurangan nutrisi terutama folat yang dibutuhkan selama kehamilan.

"Risiko autisme akan semakin meningkat pada anak-anak yang lahir dengan interval kehamilan yang pendek. Risiko tertinggi terjadi pada jarak kehamilan kurang dari 1 tahun," kata Dr Cheslack-Postava.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...