Skip to main content

Ada 4 Biro Perjalanan yang Akan Susul Nasib First Travel

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Kepastian kasus yang dialami biro perjalanan First Travel masih terus berlangsung. Kementerian Agama (Kemenag) menyebut ada biro perjalanan ibadah yang terindikasi melakukan praktik serupa dengan First Travel. Bukan tak mungkin keempat perusahaan itu akan menyusul nasib First Travel.

"Ada kurang lebih empat. Tapi saya tidak akan sebut nama sebelum SK (Surat Keputusan) berlaku. Terhadap 4 travel itu jika memenuhi syarat-syarat akan kita lakukan hal yang sama. Tidak ada diskriminasi," ungkap Kepala Pusat dan Informasi Kemenag Mastuki HS usai diskusi ' Mimpi dan Realitas First Travel' di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Menurut Mastuki, dua perusahaan di antaranya sudah memenuhi syarat pencabutan izin penyelenggaraan perjalanan ibadah. Jumlah jemaah yang jadi korban pun bervariasi.

"Sudah kita siapkan SK, sudah kita review. Ada 2 di antaranya sudah memenuhi syarat dicabut. Bervariasi (jamaahnya) ada yang 1500 ada yg 3000," sebut Mastuki.

Kemenag membekukan izin First Travel pada 1 Agustus lalu. Perusahaan ini disebut belum juga memberangkatkan 35 ribu calon jemaah umrah.

Dalam kasus First Travel, Polisi telah menetapkan bos First Travel Andika dan Anniesa sebagai tersangka pada Selasa (8/8). Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 55 jo Pasal 378 (penipuan) dan 372 (penggelapan) KUHP serta UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Pasutri ini resmi ditahan oleh penyidik pada Kamis (10/8) lalu. Tak hanya soal penipuan, Polri akan menelusuri ada-tidaknya dugaan pencucian uang.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top