Ada Apa Dengan Perut yang Membuncit Sebenarnya?

Ada Apa Dengan Perut yang Membuncit Sebenarnya?

Sabtu, 23 Apr 2016 | 17:45 | Rike
WinNetNews.com- Saat mengenakan celana jins belakangan ini Anda mungkin merasa sesak di bagian perut, padahal berat badan Anda belum naik?

Mungkin saja Anda mengalami beberapa hal berikut yang buat perut sedikit membesar.

1. Terjadi sindrom iritasi usus besar

Waspadai sindrom ini jika perut Anda membuncit pada waktu yang lama dan ada rasa nyeri, sembelit, dan serangan diare. Supaya perut terasa lebih baik, kurangilah konsumsi roti gandum, oat, sereal bar, sereal, dalam waktu tiga bulan.

2. Menderita masuk angin

Kita semua pernah mengalami perut kembung dari waktu ke waktu, normalnya hingga 15 kali sehari dan dapat disebabkan oleh angin. Untuk kurangi ketidaknyamanan, kurangilah makanan yang tinggi karbohidrat contohnya kacang-kacangan, brokoli, kubis, plum, apel, dan makanan yang mengandung sorbitol penggantinya gula.

3. Penyakit seliaka (celiac)

Penyakit seliaka merupakan kondisi autoimun yang jadi reaksi terhadap gluten, dengan gejala kerap merasa lelah, berat badan berkurang, dan sakit perut. Untuk mengatasinya, hindarilah semua makanan yang mengandung gluten, juga produk yang berbahan gandum, barley, dan rye.

4. Fluktuasi hormon

Hormon yang tak stabil bisa jadi penyebab perut yang membuncit, jika Anda perempuan dan berada dalam masa pramenstruasi atau di tahap awal kehamilan. Jika hal itu mengganggu, cobalah berjalan selama 30 menit sehari, banyak-banyaklah minum air putih juga makan buah, sayur, dan biji-bijian.

5. Kanker ovarium

Risiko ini dapat terjadi jika Anda kembung, sakit perut, dan kenyang terus-menerus. Gejalanya tersamar sering jadi penyebab kanker ini terlambat didiagnosis, namun tetap harus mewaspadainya, dikutip dari Mirror.

Sumber:republika.co.id

Foto: http://www.huffingtonpost.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...