Ada Dua Jenis Sunscreen, Ini Bedanya Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen
Ilustrasi, Unsplash

Ada Dua Jenis Sunscreen, Ini Bedanya Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen

Rabu, 26 Feb 2020 | 16:15 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Sunscreen menjadi sebuah produk skincare yang wajib digunakan saat kita akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Sunscreen dapat melindungi kulit kita dari efek buruk yang timbul dari paparan langsung sinar matahari.

Sudah tahu belum kalau sunscreen terbagi menjadi dua jenis? Kedua jenis sunscreen ini terdiri dari physical sunscreen dan chemical sunscreen. Kalau kamu belum tahu tentang kedua jenis sunscreen ini, yuk simak penjelasannya!

Physical sunscreen atau yang sering disebut dengan sunblock mampu membentuk lapisan di permukaan kulit yang berguna untuk menghalangi sinar UV agar tidak menembus lapisan epidermis. Jenis sunscreen ini diketahui dapat menangkal 5-10% sinar UV agar tidak menembus ke kulit.

Selain itu, physical sunscreen ini juga diketahui memiliki kandungan UV filter yang tidak akan rusak saat terkena sinar matahari. Terdapat pula titanium oxide yang mampu memberikan perlindungan dari UVB ataupun UVA, serta kandungan zinc oxide yang memberikan perlindungan dari seluruh spektrum UVA dan UVB. Meskipun banyak manfaat, jenis sunscreen ini kurang diminitai karena memiliki tekstur yang berat dan kental, serta berpotensi meninggalkan whitecast (lapisan putih di kulit).

Sementara itu, chemical sunscreen mampu bekerja dengan menembus jaringan epidermis dan dermis. Teksturnya pun lebih cair sehingga mudah menyerap dan nyaman digunakan untuk sehari-hari, serta hanya meninggalkan sedikit lapisan putih di kulit.

Sayangnya, kandungan UV filter dalam sunscreen jeni ini, seperti avobenzone lebih mudah rusak saat terkena matahari, maka kita perlu mengaplikasikan ulang setiap dua hingga tiga jam sekali ataupun setelah berkeringat.

Penggunaan chemical sunscreen juga sangat tidak disarankan untuk orang yang memiliki kulit sensitif, karena UV filternya yang cenderung menyebabkan iritasi maupun alergi. Sedangkan physical sunscreen cenderung lebih mudah ditoleransi oleh segala jenis kulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...