Ada Fenomena Langka "Super Moon" Pada 28 September 2015

Ada  Fenomena Langka  "Super Moon"  Pada 28 September 2015

Jakarta, WinGamers - Pada hari Minggu tanggal 27 September 2015 semalam, fenomena alam langka terjadi di langit, yakni Super Moon bersamaan dengan gerhana bulan total.

Lalu, apa sih yang dimaksud "SuperMoon"?. "Super moon" atau bulan super adalah waktu ketika bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi, sehingga bulan akan terlihat lebih besar dari pada biasanya. Diketahui bahwa, umumnya bulan mengelilingi bumi dengan orbit berbentuk elips, dimana jarak terjauh dengan bumi yaitu 405.600 km dan jarak terdekat 363.700 km. Dengan demikian, rata-rata jarak bulan ke bumi yaitu 384.600 km.

Bagaimana gerhana bulan itu terjadi? Gerhana bulan terjadi ketika posisi matahari, bumi, dan bulan berada di satu garis lurus sehingga cahaya matahari yang mengenai bulan terhalang oleh bumi. kondisi demikian akan memberikan efek rona merah pada bulan, bulan terlihat seperti berdarah akibat pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi.

Sementara itu, fenomena gerhana Super Moon ini merupakan fenomena yang jarang sekali terjadi. Sejak tahun 1900 tercatat baru 5 kali terjadi fenomena ini. Yakni di tahun 1910, 1928, 1946, 1982 dan 2015.  Sayangnya fenomena langka ini tidak bisa disaksikan di Indonesia, sebab terjadi pada siang hari, yakni mulai pukul 7.11 Senin (28/9).

Sementara itu, di wilayah Amerika, Afrika, Eropa dan sebagian kecil Asia Barat, malam ini adalah puncak terdekat Bulan - Bumi saat purnama dengan jarak sekitar kurang lebih 356.000 km atau biasa disebut "SuperMoon".

image0

Perbandingan bulan purnama perigee dan bulan purnama biasa (Wingamers/timeanddate)

Bulan purnama Perigee nanti malam wujudnya akan 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari purnama biasanya. Namun jika diamati secara kasat mata bulan akan tampak seperti biasanya. Perbedaannya dapat kita lihat ketika kita membandingkan foto bulan "superMoon", dengan bulan-bulan purnama yang ada sebelumnya. Diprediksikan puncak bulan purnama Perigee akan terlihat kembali pada tanggal 14 November 2016.