Ada Go-Jek dan Grab Bike, Kini Muncul OJESY

Ada Go-Jek dan Grab Bike, Kini Muncul OJESY

Layanan ojek online tengah menjadi primadona. Usaha ini telah terbukti sangat menjanjikan. Hal tersebut terlihat dari semakin pesatnya perkembangan perusahaan penyedia layanan ojek, seperti Go-Jek dan Grab Bike, yang terus dibanjiri pelanggan dan tukang ojek yang ingin bergabung menjadi mitra.

Tak heran bila usaha sejenis pun mulai bermunculan, dan baru-baru ini, muncul layanan baru bernama OJESY. OJESY merupakan singkatan dari Ojek Syari. Seperti namanya, ojek ini memang memperkerjakan para wanita berjilbab untuk menjadi pengemudi ojek online.

Jika melihat dari situs resminya, OJESY membidik pangsa pasar penumpang wanita dan anak-anak, yang biasanya akan merasa lebih aman bila mengendarai ojek yang dikemudikan wanita. Untuk itulah, salah satu syarat menjadi mitra OJESY adalah harus berjilbab dan berpakaian tidak ketat.

Perbedaan OJESY dengan penyedia layanan ojek online lainnya juga terdapat pada sistem kemitraannya. OJESY memiliki program mitra daerah yang berfungsi sebagai "agen" OJESY untuk melakukan koordinasi di berbagai daerah. Tak heran bila OJESY kini telah hadir di sembilan kota di Indonesia, yaitu Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan kota-kota Jabodetabek.

Uniknya lagi, setiap kota hanya dapat menerima maksimal 50 pengendara. Tarif OJESY adalah Rp5.000 untuk tarif awal dan tambahan Rp3.000 per kilometer.