(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ada Korban dalam Rusuh di Kemendagri, Begini kata Pihak Kementerian

Karna H.
Karna H.

Ada Korban dalam Rusuh di Kemendagri, Begini kata Pihak Kementerian Sejumlah massa yang mengamuk di kantor Kemendagri/Foto: Karna WNN

WinNetNews.com – Sejumlah kerusakan dan korban akibat serangan mendadak sekelompok massa pengunjuk rasa yang diduga pendukung salah satu pasangan calon bupati di Tolikara, Papua, telah dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri. Akibat serangan itu, ada pegawai Kemendagri yang terlika sehingga dilarikan ke rumah sakit.

"Korban luka ada satu orang yang terluka parah di bagian kepala (diduga akibat lemparan batu,red). Sudah dilarikan ke rumah sakit," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Sumarsono di kantornya kepada wartawan, Rabu (11//10/2017).

Korban merupakan salah seorang petugas pengamanan dalam (Pamdal) Kemendagri. Selain itu, ada juga kamerawan MNC TV mengalami luka. Kameranya juga hancur.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Soedarmo juga menjadi korban. Pensiunan TNI dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu mengalami luka ringan.

Kerusakan lain yang tercatat adalah empat mobil minivan. Sebuah bus Kemendagri juga rusak akibat kacanya hancur.

“Kaca-kaca jendela beberapa bangunan juga rusak. Sementara untuk pot bunga ada sembilan pot yang berantakan," ujar Sumarsono.

Massa yang melakukan tindak anarkistis diduga pendukung calon Bupati Jhon Tabo-Barnabas Weya yang mengatasnamakan Barisan Merah Putih Tolikara. Pasangan itu sebelumnya menggugat hasil Pilkada Tolikara ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tapi, MK menolak gugatan itu. Massa yang tak puas lantas mendesak Kemendagri membatalkan putusan MK.

"Mereka ini sudah dua bulan terakhir berada di Kemendagri. Menuntut pembatalan putusan Mahkamah Konstitusi. Itu kan putusan MK," pungkas Sumarsono.

Sejauh ini aparat keamanan sudah bergerak. Setidaknya 15 orang dari massa perusuh telah diamankan aparat kepolisian.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});