Ada Ledakan di Tambang Milik PT. Freeport
Lokasi PT. Freeport yang alami gangguan/Dokumentasi Polda Papua

Ada Ledakan di Tambang Milik PT. Freeport

Rabu, 16 Agt 2017 | 17:19 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Kawasan PT. Freeport, tepatnya di sekitar rumah sakit Tembagapura serta area depan dan belakang barak L alami kebanjiran akibat hujan yang intensitasnya deras. Selain itu, diperoleh informasi bahwa lantai 1 barak L telah terendam air bercampur lumpur yang selanjutnya dilakukan evakuasi terhadap karyawan yang tinggal di barak L dan di depan kantor ERG tembagapura.

Sementara itu terjadi juga ledakan yang diduga berasal dari trafo di power plant Tembagapura sehingga mengakibatkan listrik mati total untuk area Tembagapura. Dari keterangan resmi Polda Papua yang diperoleh, Rabu (16/08/2017), diduga tangki solar yang ada di atas power plant rubuh, mengakibatkan solar tumpah dan masuk ke area mesin listrik yang mengakibatkan kebakaran dan ledakan besar.

Tak hanya itu, debit air yang berada di sungai belakang Tembagapura menyebabkan longsor bagian sisi kiri dan kanan sungai serta jalan di depan sekolah YPJ Tembagapura terputus dan tidak dapat dilalui kendaraan dan pejalan kaki.

Emergency Responce menyatakan darurat dan karyawan di barak-barak serta di perumahan dievakuasi sementara ke Sport Hall Tembagapura, SRM dan Polsek setempat. Aparat keamanan juga melaksanakan pengamanan di lokasi longsor dan penutupan jalan. Untuk dugaan sementara salah satu karyawan Puncak Jaya Power (PJP) yang bekerja malam di power plant Tembagapura dilaporkan hilang dan belum ditemukan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...